Sudah Tahu Belum, Begini Nih Cara Membuang Obat yang Benar

Bandung - Mungkin TemanBaik sudah teredukasi dengan baik bagaimana cara memilah sampah. Baik sampah organik, sampah plastik atau bahan berbahaya dan beracun (B3). Namun sepertinya ada banyak yang belum mengerti bagaimana cara membuang obat.

Nah, supaya enggak salah, kami berikan panduan yang benar membuang obat supaya tidak disalahgunakan.

1. Pisahkan Isi Obat dari Kemasan
Jika TemanBaik membeli obat dengan kemasan, maka saat habis jangan buang secara bersamaan dalam satu paket lengkap. Buang terpisah supaya tidak dimanfaatkan orang tak bertanggungjawab. Bahkan TemanBaik bisa merobek atau menggunting dulu kemasannya supaya keadaannya rusak saat dibuang.

2. Lepaskan Tutup Obat
Ini bertujuan supaya botol bekas obat dipakai untuk wadah lain. Selain tidak steril ini juga tentu membahayakan kesehatan.

3. Buang Isi Obat
Jika obat yang TemanBaik miliki sudah kadaluarsa, maka sebelum membuangnya keluarkan dahulu isinya ke saluran pembuangan.

4. Hancurkan
Untuk obat berjenis kapsul atau tablet hancurkan terlebih dahulu sebelum dibuang ya. Ini untuk memimalisir obat-obatan ini dipungut dan dikonsumsi.

5. Gunting Tube
Obat yang berbentuk krim atau salep dalam kemasan tube juga kita keluarkan dahulu isinya, lalu gunting tubenya.

Jangan lupa hilangkan semua label obat dari wadahnya. Inti dari cara membuang obat yaitu harus dimusnahkan dan tidak bersisa.


Foto ilustrasi Pexels.com







Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler