Ini Alasan Wajah Terlihat Berbeda Saat Bercermin dan di Foto

Jakarta - TemanBaik pasti pernah mengalami kejadian di mana ketika sedang berkaca wajah kita terlihat sudah cantik atau ganteng, namun ketika di foto hasilnya malah terlihat berbeda dengan apa yang dilihat sebelumnya saat bercermin. Kejadian seperti itu, akan menimbulkan pertanyaan 'kenapa bisa beda ya?' dan membuat bingung. Ternyata ada loh penjelasan kenapa hal tersebut bisa terjadi.

Manusia cenderung terbiasa melihat apa yang ada di cermin dan beranggapan begitu pula cara orang lain melihat kita. Kecenderungan tersebut dapat juga dikaitkan dengan teori paparan belaka, di mana seseorang lebih menyukai apa yang sering dilihatnya sehari-hari. Sehingga refleksi yang biasa dilihat dalam cermin, menjadi sebuah kesan yang kuat tentang diri kita.

Selain itu, kita juga lebih mengharapkan tampilan pada cermin yang muncul saat foto. Padahal, biasanya foto menunjukan kebalikan dari apa yang kita lihat di cermin. Misalnya, ketika berfoto dengan kamera depan, maka hasil yang muncul adalah apa yang biasa orang lain liat pada diri kita. Dilansir dari Atlantic tahun 2014, Nolan Feeny menyatakan, "Melihat diri kita secara terbalik dapat terasa sedikit aneh. Karena sebagian wajah kita tidak simetris. Ciri khas (tanda) yang kita miliki juga nampak berbeda dari yang terlihat di foto dan cermin."

Baca Ini Juga Yuk: Kenali Arti Jerawat Berdasarkan Letaknya di Wajah

Disortasi lensa kamera yang kita gunakan saat mengambil gambar juga menjadi salah satu faktor mengapa wajah terlihat berbeda saat di cermin dan foto. Penggunaan wide lens atau jarak kedekatan wajah dengan kamera, dapat mendistorsi bagian wajah tertentu dan membuatnya menjadi lebih besar dari kenyataannya.

Seperti yang dilansir dari Distractify, perubahan pada panjang fokus kamera juga dapat mengubah bentuk wajah kita. Misalnya, bentuk kepala menjadi lebih besar daripada aslinya. Foto yang hanya menghasilkan versi 2-D, bukan versi 3-D dari diri kita, dengan mudah dapat dilakukan trik-trik kamera, sehingga menghasilkan sesuatu yang tidak sesuai dengan kenyataannya.

Ekspresi yang ditampilkan ketika kita berfoto dan bercermin juga berpengaruh. Ketika kita sedang bercermin, ekspresi yang ditampilkan cenderung natural dan santai. Sedangkan, saat berfoto tidak jarang kita menampilkan ekspresi atau senyum yang canggung. Hal tersebut, bisa menjadikan wajah kita berbeda dengan yang ada di foto dan cermin. Jadi, lebih baik usahakan untuk rileks, sehingga menghasilkan foto dengan hasil yang bagus.

Jadi, apakah TemanBaik masih bingung kenapa wajah kita terlihat berbeda saat bercermin dan di foto?


Foto: Unsplash

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler