7 Kebiasaan Kecil yang Bikin Produktivitas Menurun

Jember - Di era yang menuntut serba gesit, produktivitas adalah kuncinya. Baiknya manajemen waktu yang dimiliki untuk melakukan produktivitas pun akan berimbas pada keseimbangan hidup lainnya.

Sayangnya, dalam jangka waktu yang tersedia untuk memaksimalkan produktivitas, ada saja hal-hal yang jadi gangguan. Akibatnya, pekerjaan jadi tidak cepat beres dan menumpuk di belakang, membuat TemanBaik jadi terpaksa lembur, stres, mengorbankan waktu untuk kehidupan sosial, dan lain-lain.

Disadari atau tidak, hal-hal yang menjadi distraksi ini justru merupakan hal-hal kecil yang sudah jadi kebiasaan, lho. Tidak percaya?

1. Membuka banyak tab
Merasa cukup hebat dengan multitasking dan baik-baik saja membuka banyak tab secara bersamaan? Nyatanya, banyak peneliti yang justru menyatakan bahwa ada setidaknya 6.000 tab yang selama ini tidak kamu perlukan dan justru mengganggu fokusmu.

2. Meletakkan ponsel di dekatmu
Kecuali kamu memang sangat butuh bekerja dengan ponselmu, bukan sebuah masalah untuk meletakkan gawai satu ini di dekatmu saat sedang menyelesaikan pekerjaan. Pasalnya, seringkali ketika mencoba untuk beristirahat sejenak dan membuka media sosial, main game, dan lan-lain di ponsel, kamu justru jadi kebablasan.

3. Tidak membuat daftar
Kalau kamu cenderung suka lupa, menunda, atau meremehkan pekerjaan, membuat to do list adalah solusi yang bisa kamu terapkan. Buat daftar dengan rasional dan spesifik tentang apa yang harus dan dapat kamu capai dalam sehari.

Baca Ini Juga Yuk: Ini Bedanya Pecandu Kerja dan Pekerja Keras yang Perlu Kamu Tahu

4. Mengecek email terus menerus
Beberapa studi menyarankan agar pengecekan email dilakukan dengan lebih jarang dapat mengurangi tingkat stres. Bila kamu memang harus mengecek email, lakukan secara berkala, tetapi tidak terus menerus, ya.

5. Kurang tidur
Studi terbaru menunjukkan bahwa perbedaan waktu tidur sebanyak 16 menit saja memengaruhi seseorang untuk berpikir lebih jernih di kantor. Selain itu, mereka yang tidur 16 menit lebih sebentar juga cenderung memiliki tingkat stres lebih tinggi, penilaian yang buruk, dan mudah terdistraksi sepanjang hari.

6. Mengabaikan waktu istirahat
Merasa baik-baik saja kerja terus menerus dan tidak beristirahat di sela-sela waktu tersebut? Faktanya, beristirahat justru akan meningkatkan konsentrasi dan produktivitasmu.

7. Kurang ngemil
Rendahnya kadar gula darah akan menurunkan kekuatan otak dan produktivitas. Daripada harus menunggu berjam-jam hingga waktu istirahat, kamu bisa ngemil di sela-sela waktu tersebut dengan makanan yang sehat dan membuatmu tetap fokus, ya.


Sumber gambar: unsplash


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler