Barang-barang yang Perlu Diganti Secara Berkala Meski Belum Rusak

Jember - Setiap barang tentu memiliki usia atau jangka waktunya masing-masing. Namun, jangka waktu yang dimaksud bukan berarti harus menunggu barang tersebut rusak dan tidak dapat digunakan lagi untuk kemudian baru diganti dengan yang baru.

Beberapa barang berikut ini misalnya, perlu diganti secara berkala meski kondisi yang terlihat masih belum terlalu buruk. Pasalnya, bila digunakan lebih lama, risiko kesehatan dan kebersihan tubuh yang jadi taruhannya.

Sikat Gigi
Gantilah sikat gigi setiap tiga atau empat bulan sekali. Namun, kamu juga bisa menggantinya lebih cepat bila kondisi sikat sudah mulai tidak sempurna atau bahkan bila kamu sakit beberapa waktu belakangan. Jangan lupa, hindari menyimpan sikat gigi berdekatan dengan sikat gigi lainnya.

Deodoran
Usia stik deodoran sebenarnya cukup panjang, yakni dua tahun. Namun, untuk menghindari efek kebal terhadap deodorant, gantilah jenis deodoran setiap enam bulan sekali. Di samping itu, pastikan kamu tidak berbagi deodorant jenis roll on dengan orang lain, ya.

Shower Puff
Sebagai barang yang membersihkan tubuhmu secara keseluruhan, wajar bila shower puff dapat menjadi sarang bakteri. Karena itu, kamu perlu menggantinya setiap tiga sampai empat minggu sekali. Pastikan pula kamu selalu menyimpannya dalam keadaan kering, ya!

Baca Ini Juga Yuk: 8 Kebiasaan yang Perlu Kamu Tinggalkan dari Sekarang, Apa Saja?

Handuk
Mencuci handuk setiap tiga kali menggunakannya mungkin terasa berat untukmu. Karena itu, kamu bisa mencucinya setiap seminggu sekali. Selain itu, untuk menjaga kebersihan, pastikan kamu selalu mengangin-anginkannya di tempat yang bersih dan lebih cepat menggantinya bila sudah mulai berbau.

Lipstik
Selama-lamanya, kamu dapat menyimpan lipstik favorit sampai setahun setelah penggunaan pertama (perhatikan juga tanggal kadaluarsanya, ya!). Jangan memaksakan untuk menyimpan dan menggunakannya lebih lama terutama untuk produk liquid lipstick karena hanya akan menambahkan bakteri berbahaya kepada tubuhmu sendiri.

Maskara
Di antara semua jenis produk makeup, maskara mempunyai lifetime paling pendek: tiga bulan saja. Pasalnya, produk ini mentransfer kembali dari mata ke dalam botol secara terus menerus. Namun, bila maksaramu sudah mengering sebelum tiga bulan, jangan ragu untuk membuangnya.

Sprei
Selambat-lambatnya, gantilah sprei dua minggu sekali. Meski terlihat cukup bersih, kamu tidak pernah benar-benar tahu seberapa banyak debu, kotoran, maupun bakteri yang menempel di kain pelapis tempatmu beristirahat ini.

Spons Cuci Piring
Ada triliunan bakteri yang bersarang di spons cuci piring dan dapat kembali tertransfer ke tubuhmu. Oleh sebab itu, ganti setidaknya dua minggu sekali. Selagi dalam kurun waktu tersebut, simpan spons yang telah digunakan dalam keadaan kering di tempat yang terlindungi.


Foto: Unsplash

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler