8 Profesi yang Cocok untuk Lulusan Bahasa dan Sastra Indonesia

Ada banyak profesi dan pekerjaan menanti bagi TemanBaik yang berencana dan sedang kuliah jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Meski materi yang diajarkan seputar bahasa, sastra dan kemampuan tata bahasa bukan berarti lulusannya enggak mampu menguasai industri lain, loh. Berikut adalah sejumlah profesi dan pekerjaan menjanjikan buat kamu lulusan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Pengajar
Profesi pertama yang bisa kamu pertimbangkan adalah menjadi tenaga pengajar. Kamu bisa memilih untuk menjadi guru atau dosen bahasa.

Jurnalis
Dunia jurnalistik bisa jadi pilihan terbaik buat kamu yang lulusan bahasa dan sastra. Kamu bisa mengembangkan diri dan kemampuanmu sebagai presenter, wartawan, reporter, editor dan lainnya.


Kedutaan Asing
Lancar berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia dapat membuatmu berkarier di kedutaan besar. Apalagi kalau kamu juga memiliki kemampuan dalam berbahasa Inggris dan berbahasa asing lainnya. 

Instansi Pemerintah
Kamu juga bisa berkesempatan berkarier di Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa yang merupakan bagian dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Content dan Copy Writer
Hobi bikin tulisan yang unik dan jago banget merangkai kata-kata? Coba aja jadi content atau copy writer. Saat ini, profesi content dan copy writer banyak banget dicari loh TemanBaik.

Industri Media
Mengeksplorasi pekerjaan di industri media pasti sangat meyenangkan. Dengan bekal pendidikan bahasa yang kamu miliki, kamu bisa menjadi penulis naskah, penerjemah dan posisi lainnya di industri media.

Industri Perfilman
Industri film juga memerlukan kamu loh! Kamu bisa menjadi penulis naskah dalam industri perfilman di Indonesia atau bahkan internasional.

Ahli Bahasa
Berprofesi menjadi ahli bahasa tentunya sangat cocok dengan kamu yang lulusan bahasa. Kamu bisa bekerja sebagai peneliti dan pengamat bahasa.

Foto ilustrasi Unsplash.com

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler