Trik Memecahkan Masalah Menggunakan Design Thinking

Bandung - Pernah dengar istilah design thinking? Buat yang belum tahu, design thinking adalah sebuah metodologi desain yang bertumpu pada pencarian solusi dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Design thinking juga kerap dilakukan untuk masalah yang belum terdefinisi secara jelas atau belum ditemukan solusinya.

Metode desain thinking ini juga bisa diaplikasikan terhadap permasalahan yang dialami oleh diri sendiri loh, TemanBaik. Bagaimana caranya? Amanda Mita, Program Director Riset Indie menjelaskan banyak hal nih di sesi ‘Malam Minggu di Cimanuk’ yang digelar di Toko Organik Bandung pada Sabtu (27/04/2019).

Perempuan yang akrab disapa Mita ini menjelaskan bahwa mindset design thinking itu bukan sesautu yang teoritis. Tapi, merupakan kerangka berpikir. Jadi ketika mempunyai sebuah permasalahan yang membutuhkan solusi, kita diharuskan untuk berpikir secara kreatif.

“Kalau mau kreativitas kita muncul, kita harus banyak berkaca dan berefleksi terhadap diri sendiri. Kita harus mengerti yang sebenarnya diinginkan diri sendiri,” paparnya.

Dengan kata lain sih, secara tidak langsung kita diharuskan untuk sering melakukan brainstorming. “Kalau bisa sih brainstormingnya jangan sama diri sendiri aja. Karena kita tuh enggak akan bisa brainstorming sendirian. Jadi, penting sekali punya orang sekitar yang mau menerima diri kita. Semakin kita enggak bisa accept dan deny, impactnya enggak akan positif. Intinya sih cobalah berdamai dengan diri sendiri,” tuturnya panjang lebar.

Mita juga memaparkan kalaupun tidak bisa bertukar pikiran dengan orang lain, dalam menyelesaikan masalah, kamu juga bisa melakukannya dengan menuliskan hal-hal apa saja yang ada di pikiranmu dengan menuliskannya baik lewat sticky notes, catatan di smartphone, atau lain-lain.

“Membuat visualisasi baik lewat gambar atau tulisan juga salah satu proses kreatif dalam menyelesaikan masalah loh. Kita juga kan harus memiliki sedikit ruang untuk bereksplorasi,” terangnya.  

Kalau TemanBaik mau mengikuti workshop dengan tema-tema yang menarik dan lain dari pada yang lain, setiap minggunya Toko Organic rutin mengadakan kelas-kelas khusus loh. Sebut saja Malam Minggu di Cimanuk serta Sabtu Pagi di Cimanuk. Bisa jadi aktivitas seru nih ketika akhir pekan datang. Kalau mau tahu kelas-kelas selanjutnya yang digelar di sana, kepoin aja akun Instagramnya di @toko_organic.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler