Cara Efektif Menyembuhkan Depresi dengan Berolahraga

Depresi merupakan salah satu sindrom atau gangguan secara klinis, yang dapat mempengaruhi suasana hati, dan biasanya depresi ringan mulai mengganggu orang-orang yang berumur kisaran 20 tahun hingga 45 tahun. Gejala atau tanda-tanda depresi pun bisa bermacam-macam, seperti merasa sedih, putus asa, dan juga tidak bahagia.

Biasanya, orang yang terkena gangguan depresi cenderung merasa tertekan, sulit tidur, kelelahan, merasa bersalah berlebihan, dan mungkin saja yang paling parah orang yang terkena depresi bisa saja berfikir untuk bunuh diri.

Pada umumnya, depresi dapat dihilangkan dengan obat yang biasa disebut anti-depresan. Namun, ada alternatif lain untuk menghilangkan depresi beserta gejala-gejalanya, yakni dengan berolahraga.

Baca Ini Juga Yuk: Ini Tanda-tanda yang Dirasakan Saat Kurang Olahraga

Salah satu asisten profesor psikiatri dari Harvard Medical School, yang bernama dr. Michael Craig Miller, mengklaim bahwa dengan berolahraga ringan hingga sedang bisa menjadi alternatif cukup efektif, bagi orang-orang yang mengalami gangguan depresi ringan, sedangkan untuk yang menderita depresi berat, olahraga beserta terapi dan mengkonsumsi obat anti-depresan mampu meringankan depresi berat tersebut.

Miller pernah menyarankan untuk memilih jenis olahraga yang bisa dibilang menyenangkan, dan ia mengklaim bahwa tidak ada jenis olahraga khusus yang disarankan untuk mengatasi depresi, inti dari pembicaraannya adalah memulai sesuatu, yang kemudian akan menjadi suatu hal yang terbiasa.

"Berjalan kaki lima menit sehari, lalu tingkatkan jadi 10 menit, 15 menit dan seterusnya. Pilihlah olahraga yang kamu suka, sehingga memotivasi untuk terus berolahraga," ungkapnya.

Harvard juga pernah melansir manfaat-manfaat olahraga untuk orang yang terkena depresi. Olahraga mampu memacu tubuh melepas hormon endorfin yang bisa mengurangi rasa sakit dan memicu rasa bahagia. Kemudian ikut juga memacu pelepasan protein neurothropic yang dapat meningkatkan fungsi otak. Lalu yang terakhir olahraga juga mampu meningkatkan sel saraf di hippocampus—bagian otak yang dapat mengatur suasana hati.


Foto ilustrasi Unsplash.com


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler