Alat Tempur Multifungsi Wartawan Masa Kini, Mau Tahu?

Bandung - TemanBaik sudah tahu kan jika telepon genggam semakin canggih dari waktu ke waktu? Kecanggihan itulah yang kini dimanfaatkan mereka yang berprofesi sebagai wartawan saat ini.

Setiap wartawan, pasti enggak bisa jauh-jauh deh dari telepon genggamnya. Sebab, dari telepon genggam itulah biasanya mereka mendapat berbagai informasi untuk diliput, salah satunya melalui aplikasi percakapan.

Telepon genggam juga bisa jadi alat perekam wawancara. Sehingga, wartawan masa kini mayoritas tidak lagi menggunakan recorder untuk merekam ucapan narasumber.

Selain itu, telepon genggam juga bisa diandalkan untuk memotret atau mengambil video. Apalagi, saat ini banyak wartawan tulis yang diwajibkan untuk memotret atau mengambil video oleh kantor tempatnya bekerja. Jadi, saat ada momen menarik di depan mata, telepon genggam jadi senjata ampuh untuk mengabadikannya.

Baca Ini Juga Yuk: 5 Istilah Jurnalistik yang Perlu Kamu Tahu

Bahkan, telepon genggam juga bisa loh dipakai untuk mengedit foto dan video loh. Sehingga, proses editing bisa berjalan cepat dan praktis tanpa harus mengerjakannya di komputer.

Selanjutnya, jika TemanBaik melihat wartawan asyik sendiri memainkan telepon genggamnya, jangan salah sangka dulu. Mungkin dia sedang mengetik berita atau naskah. Penggunaan telepon genggam untuk mengetik ini sudah sangat lumrah di era sekarang bagi yang enggak mau ribet ngetik di komputer atau laptop.

Telepon genggam juga sarana yang memudahkan wartawan untuk mengirimkan pekerjaannya. Cukup dengan email, aplikasi percakapan, atau aplikasi lainnya, pekerjaan wartawan bisa dikirimkan dengan mudah. Enggak perlu lagi deh kirim naskah, foto, maupun video melalui faksimili atau dikirim via jasa pengiriman.

Gimana nih, TemanBaik ada yang tertarik menjadi wartawan masa kini?

Foto: Unsplash

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler