Enggak Ada di Teori, Hal Ini Sering Dialami Wartawan Loh

Bandung - TemanBaik, tahu enggak jika profesi wartawan itu menyenangkan? Kamu bisa masuk secara gratis ke tempat konser, tempat makan, stadion sepakbola, atau tempat-tempat lainnya.

Di luar itu, ada banyak loh sisi asyik wartawan. Kamu lebih banyak bekerja di luar ruangan, bisa kenal banyak orang dari kelas atas sampai kelas bawah, dan beragam hal menarik lainnya.

Tapi, ada beberapa hal yang mungkin enggak kamu bayangkan saat menjalani profesi sebagai wartawan. Apa aja? Yuk, kita cari tahu!

1. Enggak Kenal Waktu
Jangan berpikir wartawan memiliki jam kerja layaknya pekerja kantoran. Sebab, liputan bisa dilakukan kapan saja tanpa mengenal waktu. Saat ada peristiwa penting pagi, siang, malam, tengah malam, atau bahkan dini hari, mau enggak mau wartawan harus meluncur untuk meliput.

2. Kerja Saat Orang Lain Libur
Apa yang dilakukan orang-orang saat tanggal merah? Liburan, berleha-leha di rumah, atau kegiatan asyik lainnya? Tapi, hal ini enggak berlaku bagi wartawan loh.

Banyak wartawan yang justru harus bekerja pada saat tanggal merah. Bahkan, ada istilah kalau wartawan itu semua tanggal di kalendernya berwarna hitam. Bahkan, saat Idul Fitri pun wartawan tetap liputan.


3. Rela Meninggalkan Pacar atau Keluarga
Kebayang enggak asyiknya berkumpul bersama pacar, keluarga, atau teman-teman kamu? Bayangkan jika saat asyik-asyiknya, kamu tiba-tiba meninggalkan lokasi untuk melakukan liputan. Hal itu sering loh dialami wartawan!

Pacar tiba-tiba ngambek, suami atau istri tiba-tiba diam seribu bahasa menahan kesal, atau bahkan ujungnya bertengkar, ini nih yang juga sering dihadapi wartawan.

4. Upaya Tak Berbuah Hasil
Bagian ini nih yang sering jadi mimpi buruk wartawan. Apalagi jika seorang wartawan ditugaskan untuk meminta jawaban tentang suatu hal. Selain gestur yang tidak enak, narasumber juga sering ada yang ogah-ogahan menjawab pertanyaan.

Kebayang enggak sudah jauh dan capek-capek datang ke lokasi wawancara, tapi hasilnya enggak memuaskan? Pasti ngenes deh. Tapi, kalau sudah biasa, ya biasa aja.

5. Sabar Menunggu
Kesabaran bagi wartawan adalah hal yang wajib dimiliki. Sebab, kadang perlu waktu dan kesulitan tersendiri untuk mendapatkan berita. Bahkan, kadang ada yang harus bertaruh nyawa demi menyajikan berita luar biasa.

Salah satu alasan kenapa wartawan harus sabar adalah kadang waktu untuk liputan enggak jelas loh. Kegiatan wawancara biasanya enggak lama alias hanya butuh beberapa menit. Tapi, kadang kamu harus menunggu berjam-jam, bahkan berhari-hari demi bisa wawancara.

Jika kamu sudah janjian pun, jangan senang dulu. Sebab, sering ada kejadian narasumber mendadak membatalkan janji ketemuan. Misalnya sang narasumber berjanji bersedia diwawancara setelah mengisi suatu kegiatan. Setelah kegiatan selesai, bisa saja sang narasumber pergi karena ada urusan lain yang dinilai lebih penting.

TemanBaik, setelah tahu hal-hal di atas, masih berminat enggak jadi wartawan? Minimal, jangan sepelekan tugas wartawan ya.

Foto ilustrasi Unsplash.com

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler