5 Hal Positif dari Pemadam Kebakaran yang Bisa Kita Petik

Bandung - TemanBaik tahu enggak, 4 Mei diperingati sebagai Hari Pemadam Kebakaran Internasional loh. Ini jadi momen yang pas untuk menghormati dan mengenal lebih dalam profesi petugas pemdam kebakaran.

Profesi mereka sangat penting bagi masyarakat. Tidak mudah loh jadi anggota pemadam kebakaran. TemanBaik harus punya kemampuan dan sikap yang mumpuni supaya bisa menjalankan tugas dengan baik. Nah, beritabaik merangkum nilai-nilai positif yang bisa diambil dari profesi ini. Apa saja?

1. Berani dan Kuat
Menjadi petugas pemadam kebakaran berarti siap menghadapi berbagai kondisi yang berbahaya. Harus punya keberanian dan fisik yang kuat untuk menaklukkan kobaran api, kepulan asap pekat dan masuk ke gedung yang rapuh karena kebakaran.

2. Tak Pilih Kasih
Pemadam kebakaran tak pernah pandang bulu saat menjalankan tugasnya. Rumah di gang-gang kecil atau rumah gedongan, mal besar atau warung kecil yang kena musibah kebakaran akan dibantu sekuat tenaga.

3. Tidak Sombong
Terbiasa melihat bagaimana korban-korban kebakaran kehilangan harta benda berharga bahkan nyawa membuat petugas pemadam kebakaran menyadari bahwa yang dimiliki kapan saja bisa hilang dan pergi. Jadi jangan sombong dengan apa yang dimiliki saat ini.

4. Integritas Tinggi
Kalau sifat yang satu ini sih enggak perlu diragukan lagi. Sebagai petugas pemadam kebakaran berarti mengabdi pada nilai-nilai kemanusiaan. TemanBaik tahu sendiri kan seperti apa usaha keras mereka saat membantu memadamkan api, menyelamatkan para korban yang terjebak. Mereka kerap tidak memikirkan keselamatan diri mereka sendiri demi orang lain yang bahkan tak mereka kenal. Salut ya.

5. Kerja Tim yang Kompak
Enggak terbayang kalau sesama petugas pemadam kebakaran ini enggak bisa bekerjasama dalam tim. Wah, ini sih bakal merugikan kepentingan banyak orang. Tapi sudah teruji sih kalau tim pemadam kebakaran bisa menjaga kekompakan dalam tim. Komunikasi dan koordinasi mereka harus lancar supaya tugas mereka bisa dilakukan lebih cepat dan baik.


Foto ilustrasi Pexels.com

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler