Ini Persiapan Berpuasa yang Harus Dilakukan Ibu Hamil

Ibu hamil pada dasarnya enggak diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa. Tapi, enggak dilarang juga jika ingin ikut berpuasa. Berikut ini persiapan-persiapan yang harus dilakukan ibu hamil jika ingin melaksanakan puasa. Yuk perhatikan!

Konsultasi Terlebih Dahulu
Buat ibu hamil yang ingin berpuasa, sebaiknya melakukan konsultasi dulu dengan dokter kandungan. Kenapa begitu? Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa kondisi kandungan kamu sehat dan tidak ada komplikasi kehamilan saat menjalankan puasa.

Perbanyak Minum Air Putih
Ketika menjalankan puasa, tubuh kita pasti kekurangan cairan. Oleh karena itu, ibu hamil harus memperhatikan asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh. Setidaknya ibu hamil harus mengkonsumsi 2 liter cairan per hari.

Baca Ini Juga Yuk: Ini 4 Manfaat Minum Air Kelapa Muda untuk Kesehatan

Perhatikan Asupan Berbuka
Ibu hamil tentunya membutuhan variasi asupan makanan yang bergizi dan lengkap. Pastikan makanan yang masuk ke tubuh meliputi karbohidrat, protein, dan buah-buahan.

Hindari Makanan Berlemak dan Pedas
Mengkonsumsi makanan pedas dan berlemak dapat memicu heartburn pada ibu hamil. Jadi, lebih baik hindari dulu makanan yang berlemak, pedas, dan berminyak. Perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang berserat.

Jangan Banyak Konsumsi Makanan yang Manis
Mengkonsumsi makanan yang manis saat berbuka memang jadi kenikmatan tersendiri. Tapi, untuk ibu hamil malah akan menyebabkan gula darah menjadi naik loh. Namun, TemanBaik yang sedang hamil tetap bisa mengkonsumsi makanan manis lainnya yang lebih alami, seperti buah-buahan, madu, atau kurma.

Ilustrasi: unsplash


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler