6 Tip Agar Olahraga Saat Puasa Tetap Optimal

Siapa bilang puasa jadi alasan apalagi penghambat untuk tidak berolahraga? Faktanya, melakukan aktivitas olahraga saat sedang berpuasa justru memberi manfaat tersendiri bagi tubuh.

Salah satunya adalah memicu perubahan hormon dalam tubuh yang dapat membantu pembakaran lemak lebih cepat dan pembentukan otot. Di samping itu, sensitivitas insulin juga akan meningkat sehingga dapat mencegah diabetes.

Olahraga saat puasa juga bisa membantu tubuh tetap bugar alih-alih lemas loh. Tapi kamu tidak dapat melakukannya dengan sembarangan. Berikut adalah enam hal yang perlu diperhatikan bila ingin berolahraga saat sedang puasa.

Memilih Waktu yang Tepat
Pada dasarnya, pemilihan waktu ini tergantung kemampuan tubuh sendiri. Selagi kamu tidak berada dalam kondisi yang lemas, olahraga bisa kamu lakukan kapanpun.

Namun, waktu yang paling aman adalah menjelang waktu berbuka, sekitar 2 jam sebelumnya. Selain itu, kamu dapat juga melakukannya setelah buka atau sahur dengan intensitas yang disesuaikan dan setelah makanan dicerna.

Pilih Tempat yang Sejuk
Jangan memperparah rasa haus yang sudah kamu tahan seharian dengan berolahraga di tempat yang panas. Pilihlah tempat yang sejuk seperti taman rindang, ruangan ber-AC, atau opsi lain yang memungkinkan.

Kembalikan Cairan Tubuh dengan Tepat
Makanan yang tersaji mungkin begitu sedap dan mengundang untuk segera ditandaskan. Namun, hindari kondisi kalap yang membuat perutmu jadi tak punya cukup ruang untuk mengonsumsi air. Pastikan kamu tetap terhidrasi dengan baik setelah lebih banyak cairan tubuh yang terbuang.

Seimbangkan dengan Asupan yang Tepat
Terutama untuk kamu yang melakukan hal ini dengan target mengurangi berat badan, perhatikan hal ini dengan baik. Hindari mengubah secara drastis jumlah kalori dan sumber asupan. Tetaplah menyeimbangkan kondisi ini secara moderat.

Istirahat dengan Cukup
Tentu yang dimaksud di sini adalah dengan menambah lebih banyak waktu untuk tidur karena akan mengganggu produktivitas. Setidaknya, tetap jaga jangka waktu tidur 6-9 jam setiap harinya dengan kualitas yang baik.

Pilih Jenis Olahraga yang Tidak Membatalkan Puasa
Kamu tentu dapat memilah olahraga apa yang dengan mudah akan membuatmu batal puasa bila dilakukan. Pilih saja jenis olahraga yang ringan tetapi cukup efektif seperti jogging, bersepeda, berjalan santai, yoga, dan lain-lain. Ingat, karena setiap orang mempunyai daya tahan yang berbeda, selalu dengarkan apa kata tubuhmu, ya.


Sumber gambar: Unsplash



Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler