5 Langkah Jaga Kesehatan Kulit Selama Ramadan

Jakarta - Ketika menjalankan puasa di bulan Ramadan, kulit kita cenderung akan mengalami dehidrasi akibat kurangnya cairan yang ada pada tubuh. Tentu saja, hal tersebut tidak akan terjadi apabila kita mengetahui bagaimana cara merawat kulit agar tetap sehat dan tidak kering, saat berpuasa. Berikut, beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menjaga kelembapan kulit selama Ramadan.

1. Minum Banyak Air
Meminum banyak air merupakan salah satu cara agar kulit tetap lembab. Langkah pertama ini, dapat dilakukan pada saat jam antara berbuka puasa dan sahur. Setidaknya, tubuh membutuhkan delapan gelas perhari atau sesuai dengan aktivitas yang akan dilakukan pada siang hari. Sebisa mungkin, hindari meminum minuman yang mengandung karbodioksida dan banyak gula, seperti soda dan jus, serta minuman berkafein (teh, kopi, dan lain-lain).

Jenis minuman yang mengandung kafein lebih mudah membuat tubuh menjadi dehidrasi, karena dapat menyedot mineral dalam tubuh, dan berdampak negatif bagi kulit. Namun, jika memang tidak menyukai air putih biasa, TemanBaik bisa mencampurnya dengan buah-buahan, dan menjadikannya infuse water. Dengan meminum infuse water, maka banyak manfaat yang bisa didapatkan, misalnya menambah sistem imune tubuh, mengeluarkan racun dalam tubuh, membuat tubuh tetap terhidrasi, dan yang terpenting yakni bebas kalori.

2. Makan dengan Cerdas
Jika menginginkan wajah yang berseri, serta kulit yang sehat ketika sedang berpuasa, tingkatkan asupan antioksidanmu ketika berbuka dan sahur. Makanlah makanan yang banyak mengandung antioksidan dan serat. Seperti dikutip dalam Friday Magazine, seorang ahli perawatan kulit, Dr. Seema Tannous mengatakan, "Makanlah sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin A, B, dan C ketika sahur dan buka puasa. Vitamin-vitamin tersebut, merupakan perawatan kulit alami dan diketahui dapat memudarkan noda hitam, serta dapat menambah kecerahan kulit." Makanan yang dapat baik dimakan ketika sahur dan berbuka, misalnya saja segala macam buah beri, yang merupakan sumber vitamin dan mineral yang dibutuhkan kulit, setelah seharian berpuasa.

3. Jangan Terlalu Sering Mencuci Muka
Selama Ramadan, peluang kulit mengalami dehidrasi memang sangat tinggi. Namun, kondisi tersebut dapat semakin menjadi parah jika kamu terlalu sering mencuci wajah. Jika kamu ingin membuat kulit wajahmu tetap lembab, yang sebaiknya dilakukan adalah dengan menyeprotkan face mist. Jika kamu menginginkan sensasi yang dingin, kamu bisa memasukan botol face mist tersebut ke dalam lemari es terlebih dahulu. Penggunaan face mist selain dapat melembabkan kulit, juga dapat mengurangi bengkak pada wajah.

Baca Ini Juga Yuk: 5 Manfaat Kaktus untuk Kesehatan Wajah yang Jarang Orang Tahu

4. Gunakan Sunblock dan Pelembab
Penggunaan sunblock ketika siang hari, sangat penting bagi kulit sebagai bentuk perlindungan dari sinar matahari. Apalagi, bagi masyarakat yang tinggal di negara tropis dan harus menjalankan puasa pada musim kemarau, seperti saat ini. Rasa sakit yang timbul akibat terbakarnya kulit karena sinar matahari, dapat membuat kulit yang tidak terhidrasi tersebut menjadi stres. Jadi, jika kamu sedang beraktivitas di luar ruang, sebaiknya gunakan sunblock dengan SPF 30.

Selain itu, penggunaan pelembab juga tidak kalah penting. Terkadang, orang yang telah minum air putih secara rutin dan banyak pun, tetap mengalami kulit yang kering pada bagian tertentu selama Ramadan. Jika kelembapan dari dalam belum dirasa cukup, maka gunakan pelembab. Pelembab digunakan setelah mencuci wajah, perawatan kulit ini berguna untuk menebus kurangnya konsumsi air pada siang hari.

5. Rawat Kulit
Langkah terakhir yang dapat dilakukan untuk tetap memiliki kulit yang sehat adalah dengan cara merawat kulit, yakni dengan menggunakan masker ataupun memakan suplemen. Gunakanlah sheet mask sekitar satu atau dua kali dalam seminggu. Lalu, jangan lupa untuk melakukan pengangkatan kulit mati sesuai dengan tipe kulitmu, namun paling banyak dilakukan selama dua kali dalam seminggu.

Kegiatan exfoliating dan penggunaan sheet mask ini, dapat membersihkan pori-pori yang tersumbat, membuat kulit menjadi lebih halus, dan berseri. Tapi, jangan lupa untuk membasuh wajah dengan air dingin setelah pengelupasan kulit mati, agar pori-pori yang terbuka menjadi tertutup kembali. Jika langkah-langkah tersebut dirasa masih kurang dan belum memenuhi kebutuhan vitamin atau nutrisi, kamu bisa konsumsi suplemen kulit mengandung vitamin dan antioksidan.

Suplemen yang baik untuk kulit yakni, yang mengandung vitamin C, E, dan A, serta juga memiliki selenium dan zinc. TemanBaik bisa minum suplemen tersebut sesuai dosis yang diperlukan, pada saat berbuka dan juga sahur.

Jadi TemanBaik, jangan lupa praktikan langkah-langkah tersebut untuk menjaga kulit yang sehat selama Ramadan dan ketika hari raya nanti, ya.


Foto: Unsplash

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler