Berpuasa Minim Sampah Yuk! Begini Caranya

Bandung - Bulan Ramadan adalah bulan yang suci bagi umat Islam. Seluruh umat Islam di dunia melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Namun, sadarkah kamu kalau di bulan Ramadan potensi sampah plastik yang dihasilkan menjadi lebih banyak dari biasanya.

Untuk mengurangi sampah plastik saat Ramadan, yuk lakukan trik-trik berikut ini untuk meminimalisir sampah.

Bawa Wadah Saat Beli Takjil
Menjelang waktu berbuka, kamu pasti kerap membeli takjil, seperti gorengan, kolak, atau es buah. Makanan dan minuman tersebut seringkali menggunakan wadah plastik yang ujungnya hanya akan berakhir menjadi sampah. Coba deh biasakan untuk membawa wadah sendiri untuk meminimalisir sampah yang dihasilkan.

Makan Secukupnya Saat Berbuka
Seharian berpuasa terkadang membuat kita menjadi lapar mata, hingga akhirnya membeli beraneka macam makanan dan minuman yang niatnya sih akan disantap ketika waktu berbuka. Namun, pada kenyataannya, makan sedikit saja biasanya sudah kenyang.

Oleh karena itu, makanlah sewajarnya ketika berbuka nanti. Jangan terlalu banyak menyiapkan makanan yang ujungnya malah hanya tidak termakan dan jadi sampah yang terbuang percuma.

Bawa Tas Belanja Saat ke Pasar
Berbelanja telah menjadi kebutuhan, entah ini saat bulan Ramadan atau sehari-hari. Untuk mengurangi porsi sampah plastik yang digunakan saat berbelanja, sebaiknya jangan lupa untuk selalu membawa kantong belanja sendiri ya, TemanBaik.

Sedia Saputangan
Buat TemanBaik yang banyak melakukan aktivitas di luar biasanya kerap membawa tisu untuk membasuh muka yang berkeringat. Kali ini, yuk coba untuk mengganti penggunaan tisu dengan saputangan. Sebab, tisu yang kita gunakan seringkali menjadi sampah yang terbuang dan sulit diurai loh.


Ilustrasi: pexels.com

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler