Begini Cara Aman Bersihkan Telinga Sesuai Anjuran Dokter

Yogyakarta - TemanBaik mungkin kerap ingin membersihkan telinga dari kotoran-kotoran yang ada di sekitar telinga. Tapi tahukah kamu jika zat lilin pada kotoran di telinga juga ada fungsinya loh. Salah satunya melindungi dari kotoran dan debu.

Sebenarnya, tanpa dibersihkanpun telinga sudah mampu membersihkan dirinya sendiri. Telinga akan otomatis membersihkan dirinya ketika kamu menggerakkan rahangmu, kulit di dalam telinga kamu bergerak dan kemudian itu mendorong keluarnya lilin-lilin yang berlebih.

Jika benda asing dimasukkan ke dalam telinga dengan maksud 'membersihkan', tingkat pH akan berubah, artinya tubuh akan memproduksi lebih banyak lagi cairan-cairan seperti lilin ini. Jika TemanBaik menggunakan cotton buds misalnya, hal tersebut akan mendorong lilin ke bawah dan memadatkannya lebih jauh ke dalam telinga kamu. Hal yang sama akan terjadi ketika TemanBaik memasang headphone di telinga.

Begitu juga saat TemanBaik menaruh minyak di telinga untuk membersihkan, itu hanya akan membuat lilin meleleh dan jauh lebih pekat. Kotoran yang ada akan tetap ada hingga kamu bisa mengeluarkannya secara profesional dan itu benar-benar menghalangi telinga.

Itu justru akan membuat TemanBaik merasa seolah-olah kamu berada di bawah air. Jika kamu memiliki masalah dengan produksi lilin yang berlebihan, maka segeralah untuk memeriksanya.

Dokter spesialis akan melihat ke dalam telinga dan menggunakan alat microsuction, ia akan menghilangkan lilin-lilin dengan cara yang paling aman.

Jadi, saran terbaik dalam membersihkan telinga adalah membiarkan telinga kamu membersihkan dirinya sendiri dan lilin juga akan rontok secara alami. Jika TemanBaik khawatir, datang ke dokter untuk pemeriksaan rutin misalnya setahun sekali.

Telinga tak hanya berfungsi membantu komunikasi, tetapi juga mempengaruhi keseimbangan hidup. Jadi pastikan diri TemanBaik merawatnya dengan cara yang benar-benar tepat.


Foto ilustrasi unsplash.com


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler