6 Cara Berwisata yang Nyaman dan Menyenangkan Saat Ramadan

Bandung - Banyak orang menghindari melakukan perjalanan atau berwisata di Bulan Ramadan. Padahal enggak ada larangan loh untuk berwisata di Bulan Ramadan. Nah, BeritaBaik punya beberapa cara nih buat TemanBaik yang mau berwisata aman dan menyenangkan ketika Ramadan. Coba yuk!

Sahur dengan Makanan yang Bergizi
Sebagai persiapan berwisata di Bulan Ramadan, kamu bisa memulainya dengan menyantap makanan yang sehat dan bergizi ketika sahur. Untuk porsi tidak perlu berlebihan, tetap seperti biasa saja. Jika perlu, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen untuk menjaga stamina tubuh. Jangan lupa untuk minum dua gelas air pada saat sahur agar tubuh tidak dehidrasi saat melakukan perjalanan, ya. 

Sehat dan Cukup Istirahat 
Pastikan kondisi kamu sedang sehat dan cukup istirahat ya ketika berencana berwisata saat Ramadan. Sebaiknya kamu juga tidak kurang tidur atau kelelahan sebelum melakukan wisata. 


Tempat Wisata yang Teduh dan Mudah Dijangkau
Sebaiknya kamu memilih tujuan wisata yang sejuk dan teduh ya! Hindari berwisata ke tempat yang panas karena berisiko bikin puasa kamu batal karena lelah, haus bahkan lapar. Selain itu, kamu juga harus mempertimbangkan lokasi wisata. Perhatikan pula akses jalan mencapai tujuan. Pastikan tempat wisata enggak membutuhkan aktivitas fisik yang berat untuk mencapainya. Seperti ke museum, wisata religi, mengunjungi masjid dan lainnya. 

Berangkat Pagi atau Sore
Memilih keberangkatan juga merupakan hal yang penting untuk kamu pertimbangkan. Berangkatlah pada pagi hari setelah sahur dan pulang sebelum siang, atau kamu bisa mulai berangkat pada sore hari. Jika memulai perjalanan pada sore hari, cuaca tidak terlalu panas, langit juga cukup teduh dan aman. Untuk berjaga-jaga, jangan lupa membawa minuman dan camilan ya, siapa tahu waktu berbuka tiba ketika kamu masih di jalan. 

Jangan Bawa Banyak Barang
Hindari membawa banyak barang ya ketika hendak berwisata saat berpuasa. Kamu harus menjaga energi saat berwisata di bulan puasa. Membawa banyak barang, akan membuat energi kamu terkuras.

Hindari Wisata Ekstrim
Untuk menjaga kondisi tubuh kamu selama berpuasa, sebaiknya hindari wisata ekstrim, seperti mendaki gunung, bermain paralayang dan lainnya. Walaupun kamu sudah terbiasa melakukannya, kamu tetap harus menghindari wisata ini ketika berpuasa. Karena kegiatan ini memerlukan tenaga ekstra. Kamu bisa dehidrasi jika memaksakan diri melakukan kegiatan ekstrim tersebut. 

Foto: Pexels
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler