6 Jurus Ampuh Supaya Enggak Terlalu Haus Saat Berpuasa

Bandung - Setuju enggak TemanBaik kalau menahan haus saat berpuasa lebih sulit dari menahan rasa lapar? Apalagi jika cuaca sedang panas dan aktivitas kamu sedang banyak, pasti rasanya lemas dan haus.

Nah, penting bagi kita menjaga kondisi tubuh saat berpuasa agar mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan. BeritaBaik punya jurus ampuh nih supaya puasa kamu lancar tanpa terganggu rasa haus, simak penjelasan berikut ya!

Minum Air yang Cukup
Saat bulan Ramadan, kamu harus ingat rumus 2-4-2, yakni minimal minum dua gelas air saat sahur, empat gelas air saat berbuka dan malam hari, dan dua gelas air sebelum tidur. Jika kamu minum dengan jumlah yang melebihi rumus tersebut, tidak apa-apa kok. Kelebihan cairan yang masuk ke tubuh akan dikeluarkan lewat urine.

Hindari Makanan dan Minuman Tertentu
Terdapat sejumlah makanan dan minuman tertentu yang dapat memicu rasa haus. Kamu harus menghindari makanan asin saat sahur ya, karena makanan ini bisa membuat tubuh cepat merasa haus. Untuk minuman, hindari meminum kopi saat sahur, karena kopi bisa bikin kamu ingin buang air kecil terus menerus dan membuat kamu dehidrasi. Kalau kamu memang suka kopi, kamu bisa meminum kopi pada malam hari setelah berbuka.

Baca Ini Juga Yuk: 5 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Sahur

Konsumsi Buah-buahan
Asupan cairan enggak hanya bisa kamu dapatkan dengan air minum, kamu juga bisa mendapatkan dari buah-buahan. Kamu bisa mencegah haus dengan mengonsumsi buah-buahan, pada saat waktu berbuka, malam hari dan sahur.

Pilihlah buah-buahan yang banyak mengandung air, seperti semangka, stroberi, anggur dan melon karena mengandung sekitar 90-92 persen air. Serta buah persik, rasberi, nanas, aprikot dan blueberry mengandung sekitar 85-89 persen air. Selain dimakan langsung, kamu juga bisa menjadikannya jus atau salad.

Hindari Kegiatan Berat
Banyak beraktivitas yang mengeluarkan banyak keringat apalagi di luar ruangan dapat membuat energi terkuras. Ketika tubuh beraktivitas berat terutama di tempat panas akan membuat seseorang jadi dehidrasi. Kondisi ini membuat keringatmu banyak keluar dan haus.

Jadi sebaiknya hindari kegiatan berat jika tidak diperlukan ya. Namun, jika kamu memang harus melakukan pekerjaan ke luar, jangan lupa untuk sesekali beristirahat dan melakukannya dengan perlahan.

Jaga Suhu Tubuh
Menjaga suhu tubuh tetap normal bisa membantu kamu tidak mudah merasa haus. Jika tubuh terlalu panas, maka salah satu cara paling efektif adalah dengan menurunkan suhu tubuh dengan wudu atau mandi.

Hindari Kemacetan
Berangkat ke kantor atau kampus dengan angkutan umum seperti angkot, bus, atau pakai motor? Siap-siap kamu bakal kena macet. Kalau macet kamu bakal merasakan kelelahan dan kehausan sesampainya di tempat tujuan. Jadi sebisa mungkin kamu datang lebih awal dan memilih jalanan yang aman dari kemacetan ya.

Foto: Unsplash

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler