5 Mitos Seputar Lupus yang Sering Salah Dimengerti

Bandung - Lupus adalah penyakit yang menyerang kekebalan tubuh seseorang atau dikenal juga sebagai penyakit autoimun. Sayangnya, masih banyak orang yang belum memahami mengenai penyakit ini, bahkan enggak sedikit yang salah mengerti dengan kondisi lupus. 

Sebagai pengetahuan TemanBaik di Hari Lupus Sedunia yang jatuh pada 10 Mei ini, yuk mengetahui hal-hal seputar lupus yang kerap salah dimengerti. Simak penjelasan singkatnya berikut ya!

Tak Hanya pada Wanita
Lupus memang lebih umum terjangkit pada wanita, namun bukan berarti laki-laki tidak bisa terkena penyakit ini. Lupus adalah penyakit yang tidak mengenal jenis kelamin maupun usia, sehingga bisa dibilang lupus dapat menyerang siapa saja. 

Tidak Menular
Penyakit lupus tidak menular, bahkan hanya 10 persen penderita lupus yang punya anggota keluarga yang juga punya penyakit lupus. Fakta juga menunjukkan kalau hanya ada 5 persen anak-anak yang lahir dari penderita lupus yang berisiko mengidap lupus. 


Tidak Mirip AIDS
Penyakit lupus kerap dibandingkan dengan AIDS, padahal penyakit ini tidak sama loh. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, lupus adalah penyakit autoimun, di mana antibodi atau sistem imunitas menyerang sistem kekebalan tubuh penderitanya. Sementara penderita AIDS adalah sebaliknya, sistem imun tubuh jadi sangat lemah dan bahkan enggak berfungsi.

Bukan Seperti Kanker
Banyak yang yang salah mengira kalau penyakit lupus sama seperti kanker. Hal tersebut tidak benar. Sebab kedua penyakit ini berbeda dan tidak memiliki keterkaitan. Kanker adalah keganasan yang timbul karena ada jaringan yang tumbuh cepat, abnormal, susah dikendalikan dan menyerang ke jaringan-jaringan sehat lainnya. Sementara lupus adalah penyakit autoimun. 

Perawatan Lupus
Terdapat beberapa tipe penyakit lupus yang memiliki penanganan berbeda. Oleh sebab itu, setiap penderita lupus memiliki penangangan yang tidak sama, hal tersebut tergantung diagnosis atau gejala yang terjadi pada tubuh penderitanya. 

Foto: Pexels
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler