Cara Tepat Minum Obat Saat Ramadan

Bandung - TemanBaik ada yang mengonsumsi obat saat Ramadan ini karena sakit? Ada bedanya loh minum obat saat Ramadan dan bulan biasa. Jangan sampai salah ya.

Untuk obat yang harus diminum sehari sekali, waktu yang tepat adalah dimakan saat sahur dan berbuka. Tapi, pastikan juga ya obatnya harus dimakan sebelum atau sesudah makan.

Untuk obat yang diminum dua kali sehari, jam berapa yang efektif? Lebih baik obat diminum saat berbuka dan sahur. Yang jadi pertanyaan, gimana sih minum obat yang jadwalnya tiga kali sehari?

Buat yang ini, kamu jelas harus membagi waktu menjadi tiga untuk minum obat. Antara waktu berbuka hingga sahur, minumlah obat dengan jarak masing-masing lima jam, misalnya pukul 18.00 WIB, 23.00 WIB, dan 04.00 WIB.

Baca ini Juga Yuk: Sudah Tahu Belum, Begini Nih Cara Membuang Obat yang Benar

Ini artinya kamu mengganti waktu minum obat. Jika biasanya obat dikonsumsi pagi, siang, dan malam, saat Ramadan digeser menjadi magrib, tengah malam, dan subuh.

Belum lengkap nih, kamu tahu berapa jarak waktu yang pas antara minum obat dan makan? Untuk obat yang dikonsumsi sebelum makan, sebaiknya 30 menit sebelumnya kamu makan dulu ya. Sedangkan obat yang dikonsumsi setelah makan, beri jarak 5-10 menit usai makan, baru deh minum obat.

TemanBaik sudah tahu kan sekarang cara minum obat saat Ramadan? Jadi, enggak perlu lagi deh bingung kapan waktu yang pas untuk minum obat. Di sisi lain, puasa TemanBaik juga enggak terganggu kan.

Tapi, kalau dokter menyarankan kamu untuk tidak berpuasa karena sakit yang dialami, sebaiknya ikuti saja ya.

Foto: Pexels

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler