Biar Nyaman, Hindari Makanan dan Minuman Ini Saat Buka Puasa

Yogyakarta - Saat berpuasa, kurang lebih 14 jam tubuh kita tidak masuk makanan maupun minuman. Lambung kita pun dalam kondisi yang benar-benar kosong. Karena itu, TemanBaik harus menghindari beberapa santapan saat berbuka puasa supaya tidak menimbulkan rasa yang tak nyaman.

Seperti mengkonsumsi makanan asam, pedas, dan yang terakhir mengandung soda. Sebaiknya jangan juga langsung menyantap makanan-makanan yang berlebihan, cukup isi perut anda dengan takjil terlebih dahulu, fungsinya agar saluran cerna bisa beradaptasi lebih baik. Setelah salat Magrib, baru deh TemanBaik bisa mulai menyantap makanan yang lebih berat untuk mengisi perut.

Namun, ada anjurannya juga dalam memilih takjil. Hindari takjil yang bersifat asam, pedas, dan juga berlemak. Karena jenis makanan tersebut akan menyulitkan saluran pencernaan untuk memprosesnya. Lambung yang kosong akan terasa tidak nyaman akibat 'kaget' dengan makanan yang asam, pedas dan berlemak ini. Analoginya, seperti memberi tugas berat terhadap lambung kita.

Saat berpuasa, tubuh kita akan mengalami penurunan glukosa darah. Untuk menggantinya, sebaiknya kita berbuka dengan minuman atau makanan manis, seperti kurma dan juga buah-buahan. Makanan manis juga ada takarannya, semakin banyak anda berbuka dengan yang manis-manis, makan disitu juga imunitas anda akan menurun. Batas maksimal untuk gula pada tubuh saat berbuka, setidaknya tak lebih dari 4 sendok dalam sehari.

Jangan juga langsung mengkonsumsi minuman dingin seperti minum es sirup, es campur, atau mungkin es buah ya. Meski telah lama menahan dahaga, tapi pencernaan kita tetap harus memberikan adaptasi. Lambung membutuhkan penyesuaian suhu loh. Es yang seharusnya mengusir rasa haus malah justru tidak akan menggantikan cairan tubuh.

Jadi TemanBaik, lebih baik sih minum air putih atau semangkuk kecil kolak hangat dulu sebelum makan berat saat buka puasa nanti ya!


Foto ilustrasi Unsplash.com



Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler