5 Hal yang Harus Dicek Pengendara Mobil Sebelum Bepergian Jauh

Yogyakarta - Mudik Lebaran tahun 2019 nampaknya memang masih agak lama, tetapi tidak sedikit pemudik juga yang sudah melakukan persiapan sebelum mudik, agar perjalanannya lebih lancar. Mobil sepertinya masih menjadi kendaraan favorit bagi para pemudik maupun keluarga untuk bepergian.

Hal ini tak lepas dari libur lebaran yang bersamaan dengan libur akhir tahun ajaran sekolah. Yang artinya, sebagian keluarga akan memanfaatkan momen mudik sekaligus berwisata, sehingga mobil pribadi menjadi pilihan mudik.

Kendati begitu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memulai perjalanan panjang, agar mobil tetap aman dan lancar tanpa kendala.

Perawatan Mobil
Servis mobil sebelum perjalanan mudik merupakan syarat utama dalam perjalanan. Tune up mobil juga jika perlu, guna memastikan mesin mobil selalu dalam kondisi prima, seperti memeriksa kondisi ban, termasuk ban serep.

Periksa Oli, Mesin, Tranmisi, Gardan
Mengecek oli mesin, transmisi dan juga gardan harus selalu dikontrol karena fungsinya yang sangat penting dalam mengurangi gesekan antar komponen.

Baca Ini Juga Yuk: 5 Rahasia Menghemat Bahan Bakar Kendaraan yang Bisa Kamu Coba

Periksa Minyak Rem dan Kopling
Rem merupakan perangkat paling vital dalam kendaraan, sehingga diperlukan pengawasan yang rutin pada kinerja rem, termasuk minyak rem. Selain itu, kopling juga tidak boleh diabaikan karena apabila minyak kopling bocor, mobil juga tidak akan memiliki tekanan yang cukup untuk mengaplikasikan kopling dan memindahkan gigi transmisi.

Air Radiator
Peran air radiator sangatlah penting bagi sistem pendinginan mesin. Kurangnya air radiator akan menyebabkan mesin menjadi panas atau overheat, apalagi kendaraan yang akan dipacu untuk waktu yang lama dan perjalanan yang panjang pula.

Penerangan Lampu
Mengecek lampu mobil apakah masih layak digunakan atau tidak. Lampu utama dan lampu sein mempunyai fungsi yang sangat penting, bukan hanya sekedar menerangi, melainkan sebagai penanda untuk pengendara lainnya.

Selain komponen-komponen yang harus diperhatikan diatas, yang tak kalah diperhatikan juga hal-hal yang kecil sebelum mudik. Seperti menyiapkan surat-surat kendaraan, ban serep, alat-alat mekanik darurat lainnya, dan yang terakhir adalah perlengkapan P3K.


Foto: Unsplash


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler