5 Hal yang Sebaiknya Tidak Kamu Lakukan Terhadap Bayi

Bandung - Siapa sih yang enggak suka melihat bayi yang lucu dan menggemaskan? Entah bayi teman kamu, tetangga, atau orang-orang terdekat kamu yang lainnya. Nah, karena saking sukanya kerap kali kita lupa untuk bertindak sewajarnya terhadap si bayi.

TemanBaik tentu harus tahu, bahwa ada batasan-batasan dari orang tua si bayi yang mungkin tidak ketahui. Berikut ini 5 hal yang sebaiknya tidak kamu lakukan ketika bertemu dengan bayi-bayi di luar sana. Yuk simak!  

Jangan Menciumnya Sembarangan
Tak jarang saking sukanya dengan bayi yang kita lihat, kita jadi bersikap seenaknya, seperti menciumnya sembarangan tanpa izin terlebih dahulu kepada orang tua mereka. Jangan pernah lakukan hal yang satu ini ya, TemanBaik. Apalagi kalau kamu mencium bibir si bayi dalam keadaan yang tidak steril, selain tidak baik, hal yang kamu lakukan ini merupakan perbuatan yang tidak sopan. Sebab bukan tidak mungkin kamu akan menularkan virus atau bakteri tertentu kepada si bayi tersebut.

Baca Ini Juga Yuk: Sesama Ibu Sebaiknya Saling Dukung, Jangan Mom-Shaming!

Tidak Memaksa untuk Menggendong
Pernah punya keinginan untuk menggendong bayi orang lain yang kamu temui? Wajar sih, mungkin niat kamu ingin mengajaknya bermain. Walau begitu, alangkah baiknya sih kamu menunggu tawaran dari orang tua saja, dibandingkan kamu harus memaksa untuk bisa menggendong si bayi.

Mengunggah Fotonya ke Media Sosial
Sering kali kita mengabadikan beberapa momen baik berfoto atau mengambil video si bayi. Nah, sebelum kamu mengunggahnya ke media sosial, sebaiknya minta izin terlebih dahulu kepada orang tuanya. Siapa tahu orang tua si bayi malah keberatan kamu mengunggah foto anaknya sembaarangan.

Memberi Komentar Tidak Enak
Setiap orang dilahirkan berbeda dan tidak sama. Kalau kamu menjumpai bayi orang lain yang lahir tidak sempurna, jangan melontarkan ucapan yang bisa membuatnya sakit hati. Berempatilah barang sedikit saja dengan menjaga bicaramu.

Membangunkannya Saat Tidur
Disadari atau tidak, beberapa orang mungkin suka membangunkan bayi yang sedang asyik tertidur dengan lelap. Berhenti melakukan hal ini. Orang tua si bayi bisa saja membutuhkan waktu berjam-jam untuk bisa membuat anaknya tertidur. Jadi, jangan rusak ketenangan si bayi dengan cara membangunkannya ya, TemanBaik!


Ilustrasi: unsplash


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler