5 Cara Terbaik Mengurus Rumah Saat ART Mudik Lebaran

Bandung - Kepergian Asisten Rumah Tangga alias ART untuk mudik Lebaran ke kampung halaman pastinya akan membuat pekerjaan rumah mau enggak mau harus dikerjakan sendri. Hal ini pastinya enggak mudah, tapi enggak sulit juga kok. Caranya TemanBaik perlu tahu bagaimana mengatur waktu dan saling bahu membahu untuk mengerjakannya bersama anggota keluarga. Simak tip selengkapnya berikut ya!

Masak yang Mudah
Kehadiran ART memang sangat membantu ketika ingin menyiapkan makanan, ART juga akan membantu mencuci piring dan merapikan kembali peralatan memasak. Tapi, kalau 'Mbak' mudik, sebaiknya kamu enggak memasak makanan yang terlalu merepotkan ya. Pilihlah masakan yang praktis, dan tidak memerlukan banyak peralatan memasak.

Libatkan Anggota Keluarga
Kumpulkan anggota keluarga dan beri pengertian kalau setiap orang harus melakukan pekerjaan rumah. Catat apa saja pekerjaan rumah yang biasanya dilakukan ART lalu bagi tugas tersebut pada anggota keluarga. Hindari memberi tugas yang terlalu berat untuk anak-anak. Mereka bisa diberi tugas sederhana, seperti merapikan tempat tidur dan mencuci piring sendiri setelah makan.

Baca Ini Juga Yuk: Menghias Rumah dengan Lima Tanaman Cantik Kekinian Ini Yuk!

Irit Baju
Biar baju cucian dan baju yang perlu disetrika enggak menumpuk, siasati dengan tidak sering mengganti pakaian. Tapi bukan berarti kamu enggak mengganti baju selama seminggu ya, karena itu malah akan menyebabkan kamu sakit. Ganti baju seperlunya, secara bijak dan enggak berlebihan.

Mencuci Baju Bersama
Saat Lebaran, kemungkinan ART akan mudik dalam waktu yang enggak sebentar kan? Belum lagi jasa laundry juga masih banyak yang tutup. Nah kamu harus mencucinya sendiri. Cobalah minta bantuan anggota keluarga untuk mencuci bersama.

Kalau kamu pakai mesin cuci, kamu bisa mengatur waktu sembari melakukan pekerjaan lain. Tapi jika kamu mencucinya secara manual, kamu bisa melakukannya bersama suami dan anak. Buat pembagian tugas, seperti suami bagian mengucek, kamu membilas dan menjemur dilakukan bersama-sama dengan melibatkan anak. Pekerjaan ini pun jadi terasa lebih menyenangkan.

Jangan Menunda
Kalau kamu menunda pekerjaan, maka pekerjaan malah makin menumpuk dan hal tersebut malah membuat pekerjaannya bertambah. Jadi hentikan kebiasaan menunda pekerjaan ya. Lakukan secara perlahan dan yang terpenting lakukan sekarang juga.

Foto: Pexels


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler