5 Trik Mengelola THR dengan Bijak

Bandung - Bagi seseorang yang sudah bekerja, mendapatkan Tunjangan Hari Raya atau THR menjadi salah satu hal yang menggembirakan dan bahkan ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Betul kan. TemanBaik? Setelah mendapatkan THR terkadang kita malah kalap ingin membeli berbagai macam kebutuhan. 

Namun, sebenarnya ada cara mengelolanya agar bisa digunakan secara bijaksana loh. Mau tahu? Berikut ini 5 trik mengelola THR yang bisa kamu terapkan: 

Sedekah

Bersedekah atau berinfaq merupakan hal yang seharusnya menjadi prioritas, sehingga lebaran dapat diisi dengan semangat untuk berbagi dengan sesama. Kita dapat mengalokasikan sekitar beberapa persen dari penghasilan. 

Zakat

Jangan lupa juga untuk membayar zakat ya. Sebelum mengalokasikan uang THR untuk keperluan lain, hal pertama yang perlu disisihkan adalah berzakat. Zakat merupakan kewajiban yang perlu ditunaikan oleh umat Islam. Adapun besaran yang harus dibayarkan adalah sebesar 2,5 persen.

Baca Ini Juga Yuk: 7 Hal yang Harus Kamu Lakukan Jika Mudik Pakai Kendaraan Pribadi

Menabung dan Investasi

Prioritas selanjutnya adalah menabung dan berinvestasi. Persentase alokasi uang THR yang akan ditabungkan berkisar hingga 30-40%. Hal ini juga dapat menjadi prioritas buat TemanBaik, agar nantinya kita memiliki cadangan uang, sehingga kita tidak benar-benar kehabisan uang setelah lebaran.

Kebutuhan keluarga

Yang terakhir adalah kamu bisa mengalokasikan uang THR untuk kebutuhan keluarga. Kebutuhan keluarga ini dapat berupa keperluan yang berkaitan dengan hari raya, seperti makanan, transportasi mudik, membeli baju baru, atau berupa keperluan lainnya. 

Persentase alokasi uang THR untuk keluarga sendiri dapat disesuaikan dengan alokasi yang sudah ditetapkan dari penghasilan lain, seperti gaji pokok atau tunjangan lainnya.


Foto: pexels

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler