Persiapan Mudik dengan Balita, Apa Saja yang Harus Dibawa?

Persiapan mudik memang perlu perencanaan yang matang, terlebih jika membawa serta balita. Tapi TemanBaik enggak perlu khawatir, ada kok cara supaya mudik bersama si kecil nyaman dan aman, salah satunya dengan mempersiapkan apa saja kebutuhan balita selama mudik. BeritaBaik punya tip dan daftarnya nih, barang dan keperluan apa saja yang enggak boleh terlewatkan, catat ya!

Pakaian dan Popok
Hitung berapa lama waktu perjalanan yang nantinya akan ditempuh untuk menentukan jumlah baju dan popok bayi yang harus dibawa. Jangan lupa untuk membawa pakaian dan popok tambahan untuk mengantisipasi kemungkinan si kecil butuh pakaian karena bajunya tiba-tiba kotor. 

Selimut dan Baju Hangat
Bawa juga beberapa selimut, baju hangat, kaos kaki dan sepatu si kecil ya. Kenakan jika perlu selama perjalanan, hal ini akan membuat bayi atau balita merasa nyaman.

Baca Ini Juga Yuk: 7 Hal yang Harus Kamu Lakukan Jika Mudik Pakai Kendaraan Pribadi

Lap dan Alas Plastik
Bekal beberapa lap yang biasa digunakan untuk membasuh kulit si kecil ya. Jangan lupa juga membawa alas plastik untuk keperluan menyeka atau mengganti popok si kecil.

Perlengkapan Mandi
Membawa perlengkapan mandi bayi dan balita memang merepotkan, untuk menyiasatinya bawa semuanya dalam ukuran kecil alias travel size. Perlengkapan mandi yang perlu dibawa untuk buah hati, antara lain, sabun, sampo, minyak telon, krim popok untuk mencegah iritas, krim bayi untuk kulit sensitif, sikat gigi bayi dan cotton bud. 

Perlengkapan Mencuci
Botol susu bayi perlu dicuci setelah digunakan, untuk itu bawalah sabun pencuci botol susu. Selain sabun pencuci botol susu, TemanBaik juga perlu membawa sabun cuci baju, terutama jika di tempat tujuan memungkinkan untuk mencuci baju. Bekal juga cairan pembersih tangan, tisu basah dan tisu kering ya!

Perlatan Makan, Susu, Makanan dan Camilan
Balita tentunya memerlukan makanan yang berbeda dengan orang dewasa, jadi jangan lupa untuk membawa peralatan makan serta bekal makanan, susu dan camilan kesukaan si kecil ya. Agar tidak kurang atau kebanyakan membawa, sesuaikan dengan jumlah hari mudik. 

Obat-obatan
Saat mudik, belum tentu kita bisa dengan mudah menemukan toko yang menjual obat bayi yang dibutuhkan. Jadi cara terbaik adalah dengan berjaga-jaga untuk membawanya. TemanBaik juga bisa membawa termometer, kompres penurun demam, dan hal lainnya sebagai antisipasi. 

Stroller
Kereta dorong bayi alias stroller akan sangat membantu ketika orangtua kelelahan mengendong, apalagi saat mengunjungi tempat rekreasi setelah Lebaran. Untuk itu, enggak ada salahnya membawa stroller saat mudik. Saat ini sudah banyak tersedia stroller yang memiliki bentuk yang ringan dan mudah dibawa ke mana-mana. Tapi kalau enggak memungkinkan untuk dibawa, jangan dipaksakan ya TemanBaik. 

Foto: Unsplash.com

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler