6 Tips Biar Rumah Tetap Aman Saat Ditinggal Mudik

Mudik adalah tradisi yang kerap dilakukan orang-orang menjelang hari raya Idulfitri. Tapi perlu diingat, kalau meninggalkan rumah dalam waktu yang lama untuk mudik itu cukup rawan dan memerlukan perhatian loh. 

Saat rumah kosong dalam waktu yang lama, bisa saja terjadi berbagai hal-hal yang enggak diinginkan. Supaya kamu bisa mudik dan meninggalkan rumah dengan tenang, ikuti enam tips berikut ya!

Cabut Colokan Listrik dan Selang Gas
Korsleting listrik sering menjadi penyebab terjadinya kebaran di rumah. Sebelum kamu meninggalkan rumah untuk mudik, periksa dan matikan seluruh perangkat elektronik yang terdapat di rumah ya. Jangan lupa juga untuk mencabut semua colokan yang masih terpasang di stop kontak. Dan yang enggak kalah penting nih, cabut juga selang gas yang masih terpasang untuk menghindari kebakaran.

Simpan Barang Berharga di Tempat Aman
Simpan semua barang-barang berharga, seperti perhiasan, surat-surat penting dan uang di tempat yang memiliki kunci, seperti laci kecil dalam lemari atau safety box. Bawa kunci tersebut agar tidak ada yang dapat membukannya saat kamu meninggalkan rumah.

Tutup Lubang Pembuangan dan Buang Sampah
Untuk menjaga kebersihan rumah dari serangga, seperti nyamuk, kecoa, lalat atau tikus, bersihkan seluruh ruangan di rumah dan menutup lubang-lubang pembuangan sebelum pergi. Selain itu, jangan tinggalkan sampah di rumah ya, buang semua sampah yang terdapat di rumah sebelum berangkat agar enggak muncul bau dari sampah-sampah tersebut saat kamu pulang nanti.

Pastikan Pintu dan Jendela Dikunci
Pastikan kamu mengunci pintu dan jendela ketika akan meninggalkan rumah. Sebab, pintu dan jendela adalah jalan utama masuknya pencuri atau bahkan binatang seperti tikus atau kucing liar. Selain itu, jangan meninggalkan kunci di bawah pot, keset atau tempat lainnya di sekitar rumah ya. Hal tersebut untuk mengantisipasi kunci mudah ditemukan oleh pencuri.

Laporkan RT dan Satpam Setempat
Sebelum berangkat, kamu bisa melaporkan pada RT dan satpam komplek kalau rumahmu akan ditinggal selama beberapa waktu. Dengan begitu, satpam dan RT dapat membantu dengan lebih mengawasi rumah kamu setiap harinya saat ditinggal mudik. Mereka dapat segera menindaklanjuti jika terjadi sesuatu dengan rumahmu saat ditinggal.

Titip Rumah pada Tetangga
Selain pada RT dan satpam, kamu juga bisa menitipkan rumah pada tetangga di sebelah kiri atau kanan sebelum pergi. Selain satpam, tetangga sebelah juga dapat bantu mengawasi rumah kamu yang sedang kosong agar enggak terjadi hal-hal yang enggak diharapkan.

Foto: Unsplash
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler