Rambu-rambu Lalu Lintas yang Jarang Diketahui Padahal Penting

Pulang ke kampung halaman merupakan sebuah kegiatan yang ditunggu-tunggu saat hari raya tiba. Agar perjalanan aman dan dapat sampai di tempat tujuan dengan selamat, para pemudik dan terutama yang membawa kendaraan sendiri, harus selalu memperhatikan rambu-rambu lalu lintas yang terpasang sepanjang jalan.

Namun, ada beberapa rambu-rambu lalu lintas yang mungkin masih jarang kita temui sehari-hari dan tidak diketahui artinya. Berikut, empat rambu-rambu lalu lintas yang jarang diketahui, beserta artinya

Petunjuk Jalan Buntu

Rambu-rambu lalu lintas ini merupakan bagian dari rambu-rambu petunjuk. Rambu yang memiliki latar belakang biru tua, dengan persegi panjang vertikal berwarna putih, serta persegi panjang merah horizontal, menandakan jalan buntu. Rambu petunjuk ini, berfungsi untuk memberitahu pengendara bahwa jalanan yang dilalui adalah jalan buntu. Sehingga, ketika melihat rambu ini, pengemudi diharapkan untuk memutar arah dan mencari jalan lain.

Peringatan Angin Samping

Rambu-rambu peringatan identik dengan latar berwarna kuning. Rambu ini, juga memiliki latar warna kuning, serta lambang anometer sederhana berwarna hitam. Rambu-rambu lalu lintas ini, berfungsi sebagai bentuk peringatan kepada pengemudi, bahwa jalanan yang sedang dilalui memiliki angin samping yang kencang. Dengan adanya rambu ini, pengendara diminta untuk tidak melaju dengan kecepatan tinggi, agar kendaraan yang dibawa tidak oleng, serta selalu hati-hati dalam berkendara.

Baca Ini Juga Yuk: Kenali Makna Empat Warna Dasar Rambu Lalu Lintas, Yuk!

Permukaan Jalan Tidak Rata

Rambu peringatan lain yakni, rambu permukaan jalan tidak rata. Berbeda dengan rambu peringatan lain, rambu ini memiliki latar berwarna oranye dengan lambang mobil dan jalanan berwarna hitam. Biasanya, rambu-rambu lalu lintas ini ditemui pada jalanan yang baru saja diperbaiki atau aspal jalanan sudah terkikis. Di mana, tepi jalan tidak memiliki tinggi yang sama dengan badan jalan. Oleh karena itu, pengemudi diharapkan berhati-hati ketika melintas.

Jalan Menuju Tepian Air, Jurang

Rambu-rambu peringatan jalanan menuju tepian air, jurang ini dapat ditemui di tepian jalan yang terjal. Rambu-rambu lalu lintas ini berfungsi untuk memberikan peringatan kepada pengemudi bahwa mereka akan segera melewati jalan menuju tepian air dan jurang.

Ilustrasi: Unsplash

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler