6 Tips Mendapat Tiket Pesawat Murah di Musim Liburan

Jember - Musim liburan panjang sudah di depan mata. TemanBaik sudah berburu tiket pesawat untuk mudik ke kampung halaman atau untuk liburan belum?

Memang sih, di saat musim liburan atau biasa disebut high season seperti ini, mendapatkan tiket dengan harga yang murah jadi seperti menemukan paku di dalam tumpukan jerami. Namun setidaknya, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapat harga terbaik tanpa harus merasa tercekik, kok!

Pesan di Waktu Awal
Tarif tiket pesawat cenderung naik mendekati waktu keberangkatan, tetapi ada kans untuk harga menjadi berkurang berdasarkan permintaan pasar. Namun, hindari untuk memesan terlalu dini maupun akhir. Adapun waktu terbaik untuk melakukan pemesanan adalah enam sampai delapan minggu sebelum keberangkatan atau tiga bulan untuk high season.

Gunakan Mesin Pencarian yang Berbeda
Kalau jadwal sudah agak atau terlalu mepet, cobalah menggunakan mesin pencarian yang berbeda. Percaya atau tidak, ada beberapa situs yang tidak mencantumkan maskapai tertentu karena mereka tidak melakukan booking commissionatau bahkan tidak menggunakan bahasa tertentu. Solusinya, kamu perlu melakukan banyak riset untuk mendapatkan best deal.

Pertimbangkan Opsi Connecting Flight
Beberapa penerbangan langsung menawarkan harga yang lebih mahal dibandingkan connecting flight. Karena itu, cobalah untuk mempertimbangkan opsi transit demi harga yang lebih bersahabat. Sisi positifnya, kamu toh jadi punya kesempatan untuk istirahat sejenak di wilayah baru dan pengalaman menginjakkan kaki di wilayah tersebut walau hanya di bandara maupun wilayah sekitarnya, kan?

Manfaatkan Rewards Program
Tidak ada salahnya untuk bergabung dengan rewards program yang diberikan oleh maskapai penerbangan. Semakin banyak points dan miles yang kamu kumpulkan, semakin banyak kesempatanmu untuk mendapat penerbangan gratis, lho! Kamu pun dapat memperoleh kesempatan miles maupun points lebih banyak dari sign up menggunakan kartu kredit, pembelanjaan online, survei, penawaran spesial, dan lain-lain sesuai kebijakan maskapai.

Rajin Memantau Harga
Kamu dapat memantau harga baik dari aplikasi atau situs web maskapai maupun OTA (Online Travel Agent). Pasalnya, selalu ada momen terjadi kesalahan sistem yang menyebabkan harga kursi menjadi lebih murah. Mistake fare ini pun tidak terjadi dalam skala yang besar alias hanya jumlah kursi terbatas, sehingga prinsip untuk mendapatkannya adalah siapa cepat dia dapat.

Menunggu Hingga Menit Terakhir
Tips yang satu ini boleh jadi sangat mengandalkan 'keberuntungan'. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, harga tiket pesawat cenderung akan terus meningkat semakin mendekati waktu keberangkatan. Walau begitu, bukan tidak mungkin ada 'keajaiban' yang menjadi peluangmu untuk mendapat tiket dengan harga lebih murah.

Jadi, sudah siap untuk pergi?


Sumber gambar: unsplash

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler