6 Tips Jaga Rumah Tetap Bersih dan Rapi Saat ART Mudik Lebaran

Jember - Lebaran tiba, rumah pun jadi ramai dan banyak pekerjaan yang menumpuk. Asisten rumah tangga sudah mudik? Tenang saja, TemanBaik juga bisa menjaga rumah tetap bersih dan rapi meski ART sedang pulang kampung dengan cara ini, kok!

Mulai dari Hal Paling Personal
Contohnya, segera rapikan tempat tidur sendiri setelah bangun tidur. Kamu juga dapat mulai membiasakan segera mencuci sendiri piring, mangkuk, gelas, atau peralatan makan lainnya yang telah digunakan.

Jangan Menunggu Sampai Menumpuk
Sampah yang menumpuk akan menimbulkan bau tidak sedap yang akan mengacaukan suasana. Alternatifnya, buang sampah dua kali sehari atau satu hari sekali sesuai dengan volume dan jenis sampahnya.

Pun demikian dengan tumpukan cucian, baik pakaian maupun peralatan memasak dan makan. Hindari membersihkan ketika tanggungan sudah menumpuk karena akan membuatmu jadi lebih mudah merasa lelah.

Menyapu Rumah Setiap Hari
Mau tidak mau, suka tidak suka, menyapu rumah harus dilakukan setiap hari dengan frekuensi ideal dua kali sehari. Kamu pun setuju bukan, bila lantai rumah yang bersih akan membuat keseluruhan rumah jadi terlihat bersih dan tidak sumpek?

Libatkan Anggota Keluarga Lainnya
Kerja sama adalah hal yang akan kamu butuhkan. Mulailah membagi tugas dengan anggota keluarga lain untuk melakukan kegiatan bersih-bersih sesuai dengan kemampuan dan kapasitas masing-masing.

Bila si kecil telah cukup mampu untuk melakukan kegiatan sederhana seperti membersihkan tempat tidur, merapikan kamar, bahkan mencuci piring, jangan ragu untuk melibatkannya. Hal ini juga sekaligus dapat menjadi cara untuk mendidiknya soal tanggung jawab.

Segera Bersihkan Meski Sedikit
Sesedikit apa pun noda yang ada pada lantai, meja, atau perabot lainnya, segera bersihkan tanpa harus menunggunya jadi membekas dan membuat pandangan jadi kurang maksimal. Selain itu, biasakan juga si kecil untuk mengembalikan mainannya atau barang-barang lain yang dipakai segera setelah digunakan, sekecil apa pun.

Menyewa Jasa ART Infal
Bila situasi tidak memungkinkan dan kamu tetap butuh bantuan pihak lain, jasa ART infal boleh jadi opsi terakhirmu. Mereka bekerja secara harian dan dibayar sesuai dengan jasa yang dilakukan.

Biaya untuk jasa ART infal pun beragam. Bila ingin mencari sendiri tanpa melalui pihak khusus seperti lembaga tentu harganya akan lebih murah, tetapi tentu tidak ada jaminan kecakapan, pengganti, dan lain-lainnya.


Sumber gambar: unsplash

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler