5 Tips Bikin Hari Raya Idulfitri Lebih Ramah Lingkungan

Bandung - Hari raya Idulfitri tahun 2019 ini bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia loh, tepatnya tanggal 5 Juni. Momen ini dirayakan dengan berbagai kegiatan untuk meningkatkan kesadaran umum terkait tindakan-tindakan yang berdampak positif bagi perlindungan alam. Apa TemanBaik sudah melakukan hal-hal baik dan ramah lingkungan di Hari Lebaran kemarin? Kalau belum, yuk terapkan beberapa tips ini untuk menjaga lingkungan di Hari Raya Idulfiri!

Kurangi Produksi Sampah
Saat Lebaran, pasti rumah akan ramai kedatangan tamu, baik teman, tetangga maupun sanak saudara. Nah, usahakan untuk menyajikan minuman dengan gelas ya! Hindari penggunaan air kemasan. Memang hal ini banyak dipilih karena praktis namun minuman atau makanan kemasan membuat produksi sampah meningkat. Selain itu, kalau TemanBaik hendak mengirim bingkisan atau parsel gunakan kemasan yang dapat digunakan kembali ya.

Jangan Buang Sampah Sembarangan
Umumnya, produksi sampah saat hari raya meningkat, jadi untuk membantu petugas kebersihan dan tentunya membuat lingkungan lebih sehat, yuk biasakan buang sampah pada tempatnya. Tidak hanya saat momen Lebaran, dalam kehidupan sehari-hari, TemanBaik tidak boleh membuang sampah sembarangan, ya.

Baca Ini Juga Yuk: Aksi Sederhana Ini Bantu Selamatkan Bumi Loh

Jangan Buang Makanan
Jangan sisakan makanan di piring ya TemanBaik. Jika tidak habis dan masih bisa dimakan, simpan kembali untuk dimakan di lain waktu. Dengan memakan makanan Lebaran dengan habis dan tidak menyisakannya kamu sudah membantu mengurangi sampah organik loh. Yuk makan semampunya dan jangan mengambil banyak tapi malah bersisa.

Berjalan Kaki
Mau berkunjung ke rumah tetangga dan teman yang lokasinya enggak terlalu jauh? Coba deh TemanBaik lakukan dengan berjalan kaki. Hindari penggunaan kendaraan pribadi, biar enggak macet, enggak bikin polusi dan yang pastinya bikin kamu sehat!

Gunakan Transportasi Umum
Pilihlah angkutan umum saat melakukan perjalanan selama Idulfitri. Cara ini enggak hanya menghemat bahan bakar dan uang, tapi bakal kasih kamu pengalaman menarik, seperti bertemu dengan banyak orang-orang baru. Dan yang paling penting, dengan memakai transportasi umum, kamu juga turut membantu mengurangi karbon polusi kendaraan.



Foto: Pexels


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler