5 Tips Memilih ART Infal yang Tepat Usai Lebaran

Yogyakarta - Di Indonesia, hari raya Lebaran identik dengan kegiatan pulang kampung atau mudik. Penduduk pendatang yang ada di Jakarta dan sekitarnya memanfaatkan libur dan cuti Idulfitri untuk pulang ke kampung halaman masing-masing, guna bersilaturahmi dengan orangtua, dan keluarga lainnya. Tanpa terkecuali, para Asisten Rumah Tangga (ART).

Imbasnya, keluarga-keluarga tempat mereka bekerja harus mengerjakan pekerjaan rumah yang bisa dilakukan ART. Jika merasa tidak sanggup mengerjakan seluruh pekerjaan rumah setiap harinya, keluarga-keluarga ini bisa mencari dan menggunakan jasa ART pengganti atau yang biasa kita sebut infal, yang marak ditawarkan menjelang libur lebaran. Namun jangan khawatir, berikut adalah beberapa tips memilih ART Infal yang tepat usai Lebaran:

Menyesuaikan Kebutuhan
Hal utama yang harus dipertimbangkan, tentunya adalah menyesuaikan kebutuhan. Pahami dengan baik, sebenarnya apa yang benar-benar dibutuhkan. Misalnya, ART yang merawat buah hati, atau yang merawat orangtua, ataukah yang hanya bersih-bersih rumah saja. Namun tidak menutup kemungkinan kalau kamu membutuhkan seluruh komponen tersebut, yakni menyewa ART yang sanggup merawat buah hati, orang tua, diikuti dengan tugas bersih-bersih rumah.

Latar Belakang ART Infal
Untuk memberikan yang terbaik bagi keluarga, tentu saja memperhatikan identitas dan latar belakang ART Infal menjadi poin penting. Keluarga bisa memastikan bahwa ART Infal ini terpercaya, melalui tanda pengenalnya. Bahkan, jika diperlukan, keluarga bisa menyimpan salinan identitas dari ART Infal tersebut.

Baca Ini Juga Yuk: 5 Cara Terbaik Mengurus Rumah Saat ART Mudik Lebaran

Rekomendasi Orang Terpercaya
Jika keluarga meragukan penyalur ART infal, tidak ada salahnya para keluarga meminta rekomendasi dari kerabat terdekat yang lebih berpengalaman. Kerabat terdekat, biasanya memiliki penyalur kepercayaan, yang sekiranya sudah hafal betul rekam jejak dari ART infal yang akan disewa.

Lakukan Wawancara
Tidak ada salahnya, untuk melakukan wawancara terhadap calon ART infal. Gunanya adalah, meningkatkan kewaspadaan, meskipun ART infal sudah didapatkan dari rekomendasi kerabat terdekat, tidak menutup kemungkinan juga kita perlu waspada terhadap calon ART infal tersebut.

Tetap Waspada
Setelah melalui beberapa tahap seperti menyimpan identitas calon ART infal, bahkan hingga mewawancarainya. Mungkin para keluarga bisa mempertimbangkan apa yang sudah didapat dari calon ART tersebut.

Kendati begitu, bukan berarti para keluarga bisa berlepas tangan secara utuh. Kemungkinan buruk juga masih bisa terjadi, karena adanya orang luar yang baru saja menginjakan rumah. Pastikan keluarga selalu memperhatikan lingkungan rumah, anak-anak, dan juga hasil pekerjaan ART infal setiap saat.


Foto: Unsplash

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler