Hilangkan Minyak di Piring dan Peralatan Masak dengan 5 Cara Ini

Bandung - Menu makanan khas Lebaran banyak didominasi dengan aneka bumbu dan lemak yang meninggalkan noda minyak di wadah dan piring. Tapi TemanBaik enggak perlu khawatir, karena ada cara mudah untuk bersihkan minyak di piring, wadah plastik dan peralatan masak lainnya. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membersihkannya pun mudah ditemukan loh, coba yuk!

Lemon
Iris lemon dan gosokkan irisannya pada peralatan dapur dan piring kotor secara rata sampai semua minyak dan lemak terangkat. Kemudian cuci dengan sabun pencuci piring dan bilas hingga bersih. Untuk hasil yang maksimal, setelah menggosokkan lemon dan membilasnya, jemur peralatan masak dan piring di bawah sinar matahari. Sehingga noda minyak dan bakteri hilang, peralatan masak dan piring pun benar-benar bersih.

Garam
Taburi garam pada peralatan dapur dan piring yang berminyak lalu biarkan sebentar, lalu cuci dengan sabun dan bilas hingga bersih. Selain itu kamu juga bisa menggunakan air hangat yang telah dicampur garam lalu bersihkan peralatan menggunakan kain yang dibasahi air garam tersebut. Ulangi proses sampai noda minyak benar-benar hilang.

Baca Ini Juga Yuk: Simpan Sayuran Supaya Segar dan Tahan Lama dengan Cara Ini

Cuka Putih
Tidak hanya mampu membersihkan noda, cuka putih juga mampu membunuh bakteri dan kuman yang menempel. Buatlah larutan air dengan cuka, lalu rendam peralatan dapur serta piring kotor selama 1-2 jam. Setelah noda mulai terangkat cuci wadah dan piring seperti biasa sampai bersih.

Baking Soda
Baking soda bersifat alkali yang berfungsi menghilangkan noda lemak dan minyak tanpa merusak permukaan pada peralatan dapur maupun tangan. Baking soda juga mampu menyerap bau tak sedap di piring dan wadah loh. Campurkan baking soda dengan sedikit air hingga membentuk pasta, lalu gosokkan pada bagian yang terkena noda hingga bersih.

Hand Sanitizer
Hand sanitizer mampu membersihkan noda yang menempel pada piring dan peralatan dapur karena mengandung alkohol. Oleskan hand sanitizer pada bagian yang kotor lalu gosokkan hingga noda menghilang. Kemudian, cuci dengan sabun pencuci hingga bersih.

Foto: Pexels

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler