Memaafkan Punya Manfaat yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh Loh

Bandung - Memang tidak semua orang mudah untuk memaafkan, apalagi jika ada hal yang meninggalkan perasaan menyakitkan. Tapi TemanBaik tahu enggak kalau memaafkan itu punya manfaat yang baik untuk kesehatan jiwa dan tubuh loh.

Saat pikiran dan jiwa memendam perasaan marah dan emosi negatif, hal tersebut dapat berpengaruh pada kesehatan. Jadi, yuk saatnya saling memaafkan. Berikut adalah beberapa manfaat memaafkan bagi kesehatan yang perlu kamu tahu.

Menurunkan Tekanan Darah
Belum memberikan maaf bisa membuat diri merasa cemas atau marah. Emosi negatif yang termasuk di dalamnya perasaan marah, dapat membuat tekanan darah menjadi tinggi. Hal ini disebabkan saat kamu merasa marah, tubuh memproduksi suatu hormon yang dinamakan adrenalin.

Dengan saling memaafkan, kamu dapat membuat masalah detak jantung mereda dan tekanan darah menurun. Kondisi ini membuat banyak proses dalam tubuh normal karena mempengaruhi hati dan sistem peredaran darah.

Menyehatkan Jantung
Memaafkan juga dapat membantu untuk mengurangi emosi negatif yang berdampak buruk bagi kesehatan jantung. Hormon adrenalin yang dihasilkan oleh emosi negatif dapat meningkatkan denyut jantung, jika hal ini berlangsung lama, maka dapat berbahaya bagi kesehatan.

Baca Ini Juga Yuk: Selain Manis 6 Buah-buahan Ini Bisa Redakan Stres Loh

Mengurangi Stres
Saling memaafkan juga dapat mengurangi stres karena kita sudah tidak lagi memikirkan hal yang baik sadar atau tidak dapat menyebabkan timbulnya tekanan psikis. Dengan melepaskan beban untuk menyelesaikan permasalahan, kita dapat belajar menghilangkan rasa kekesalan dan stres.

Meningkatkan Kemampuan Kognitif
Kemarahan karena belum bisa memaafkan dapat menyebabkan meningkatnya aktivitas pada amigdala dan menurunkan kemampuan berpikir rasional. Dengan memaafkan dapat membantu mengembalikan aktivitas amigdala dalam keadaan normal dan membuat kita dapat berpikir dengan lebih rasional.

Meningkatkan Kualitas Tidur
Memaafkan memiliki hubungan dengan kualitas tidur. Ketika kita melepaskan emosi negatif, tekanan darah dan denyut jantung akan menjadi normal. Tanpa kita sadari hal ini membuat tubuh kita menjadi lebih rileks dan membuat lebih mudah terlelap dan tidur nyeyak di malam hari.

Meningkatkan Imun Tubuh
Memaafkan juga dapat meningkatkan produksi antibodi. Memaafkan orang yang telah menyakiti dapat memberikan peningkatan sel darah putih yang membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Meningkatkan Kesehatan Mental
Selain memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, memaafkan juga memberikan dampak positif bagi kesehatan mental. Berkurangnya emosi negatif yang dapat menimbulkan stres pada pikiran dan tubuh, risiko seseorang untuk mengalami masalah kesehatan mental juga menurun.


Foto: Pexels


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler