Begini Cara Bersihkan Noda di Sofa Sesuai Jenisnya

Jember - Noda yang menempel di sofa adalah hal yang sangat wajar dan sering terjadi. Namun hanya karena saking normalnya, bukan berarti TemanBaik jadi tidak sebal bila ada noda yang tertangkap penglihatan, bukan?

Agar tak menjadi permanen dan semakin merusak tampilan furnitur, kamu perlu membersihkan noda tersebut sesegera mungkin. Selain itu, pastikan cara membersihkannya dengan tepat sesuai dengan jenis nodanya, ya!

Noda Makanan
Umumnya, kamu hanya memerlukan spons lembut atau kain bersih, sabun, dan air untuk membersihkan noda jenis ini. Pilih air hangat untuk menghilangkannya, kecuali bila noda tersebut disebabkan oleh dairy food. Namun bila bingung dengan sumber noda, pakai saja air dingin untuk membersihkannya.

Jika air dan sabun tidak berhasil, saatnya kamu menggunakan detergen cair yang memiliki enzim di dalamnya. Rendam selama sekitar setengah jam sebelum menggosoknya.

Noda Minyak
Manfaatkan soda kue (buat adonan pasta dari bahan ini dan air) untuk mengenyahkan noda minyak pada sarung sofa favorit. Aplikasikan pasta soda kue sekitar 10 menit, lalu bersihkan dan gunakan vodka untuk membersihkan sisanya. Cara lainnya, kamu bisa menggunakan sabun cuci piring dan menggosokkannya dengan sikat gigi.

Noda Kopi dan Bir
Langkah awal yang dapat kamu gunakan adalah dengan menggosokkan es batu di permukaan noda. Setelah itu, campurkan sedikit detergen cair dan air hangat. Bersihkan noda dengan campuran ini memakai kertas tisu.

Baca Ini Juga Yuk: Cara Ampuh Hilangkan Noda Kosmetik di Baju

Noda Tinta
Gunakan sedikit alkohol untuk menghilangkan jenis noda yang berasal dari tinta. Namun, alih-alih menggosoknya, bersihkan noda dari sisi terluar menuju ke dalam. Dengan begitu, noda tidak akan semakin meluber.

Noda Anggur dan Buah Beri
Noda jenis ini bisa kamu atasi dengan sparkling water dan selembar kain. Bila tak berhasil, campurkan saja satu sendok teh detergen atau cuka ke dalam empat cangkir air. Jangan lupa, keringkan menggunakan kain dengan segera setelah berhasil menghilangkan noda.

Noda Urine Hewan Peliharaan
Campurkan cuka dan air dengan perbandingan 50:50, lalu bersihkan menggunakan lap sampai noda hilang. Setelah itu, taburkan soda kue di atas bekas noda tersebut untuk mengurangi bau yang muncul. Kalau sudah selesai, hilangkan residu soda kue menggunakan vacuum cleaner.

Selain beberapa cara di atas, beberapa hal lain yang perlu kamu lakukan sebelum menghilangkan noda pada sofa favorit adalah dengan memahami jenis bahan pelapis sofa yang digunakan. Masing-masing memiliki kode tertentu, seperti W, S, SW, dan X yang menunjukkan apakah bahan tersebut dapat dibersihkan dengan cara water cleaning atau bahkan dry cleaning saja.

Selamat mencoba!


Foto: Pexels

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler