4 Cara Agar Anak Mau Membantu Membereskan Pekerjaan Rumah

Bandung - TemanBaik setuju tidak dengan istilah ‘cleaning with kids in the house is like trying to brush your teeth while eating Oreo cookies’? Mungkin kamu akan berpikir, bukannya yang bersih dan rapi, rumah justru akan jadi semakin berantakan bila mengajak si kecil membantu pekerjaan rumah alias beres-beres.

Namun, anak-anak juga sebetulnya bisa loh membantumu membersihkan rumah. Loh, gimana caranya? Asal tahu triknya, mengerjakan pekerjaan rumah dengan si kecil bisa jadi hal yang mengasyikan loh, TemanBaik. Yuk simak tipsnya! 

Buatlah Jadi Sebuah Permainan

Jangan terang-terangan mengejaknya untuk ikut beres-beres. Gunakanlah istilah permainan. Bagi kita yang sudah dewasa pun, istilah ‘permainan’ tentu lebih menyenangkan dibandingkan ‘tugas’, bukan? Karenanya, coba buat menjadi layaknya permainan dengan si kecil, seperti lomba memasukkan pakaian kotor ke dalam keranjang, meletakkan mainan ke tempatnya, adu cepat mengelap sendok garpu yang baru dicuci, dan lain-lain. Intinya sih, cobalah lebih kreatif lagi untuk menggali semangat kompetitif anak, agar ia mau melakukan hal-hal semacam ini. 

Berikan penghargaan

Agar lebih menarik, sesekali berikan penghargaan atau hadiah atas permainan kebersihan yang kamu lakukan bersama si kecil. Tak harus mahal, apresiasi juga dapat kamu berikan dalam bentuk membuatkan makanan kesukaannya, memberikan jatah bermain di akhir pekan yang lebih panjang, atau hal-hal lainnya.

Baca Ini Juga Yuk: Buat Bayi Nyaman di Pesawat dengan 5 Trik Ini

Hargai Usahahnya

Pujian akan menjadi sebuah cara tersendiri untuk meningkatkan motivasi si kecil. Kalau dia tidak mengerjakan sesuatu secara sempurna, kamu tak perlu mengulangi pekerjaan tersebut. Kamu pun tak harus selalu memuji bila pekerjaannya masih terbilang cukup buruk, tetapi yang terpenting adalah bagaimana kamu menghargai usaha yang telah dilakukannya.

Beri Batasan Waktu

Anak kecil punya banyak energi untuk berlarian ke sana kemari di dalam rumah. Nah, hal ini bisa banget loh kamu manfaatkan. Coba saja beri si kecil tugas khusus dan terapkanlah dengan batasan waktu tertentu melalui cara yang menyenangkan, sehingga anak pun tak akan menyadari bahwa mereka sesungguhnya tengah mengerjakan sebuah tanggung jawab. Kebiasaan ini pada akhirnya dapat memicu mereka untuk selalu mengerjakan tugas dengan cekatan.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengajak si kecil mau membantu menyelesaikan pekerjaan rumah. Selamat mencoba triknya ya!


Foto: unsplash

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler