6 Cara yang Bisa Kamu Lakukan Agar Konsisten Menabung

Bandung - Sejak kecil TemanBaik mungkin diajarkan oleh orang tua tentang betapa pentingnya menabung. Hanya saja, hal yang terbilang penting ini kadang belum benar-benar dipahami dan diprioritaskan, sampai ada sebuah kejadian tertentu yang mendesak dan mengganggu kondisi finansial kita.

Alasan yang menjadikan kegiatan menabung jadi tak sesuai target ini pun macam-macam. Agar tak lagi terulang dan membuat semakin banyak pengeluaran menjadi semakin tidak terarah, kamu bisa coba tips menabung yang sudah BeritaBaik rangkum di bawah ini:

Catat Semua Pengeluaran

Langkah awal yang perlu kamu lakukan adalah mengetahui jumlah pengeluaran. Sekecil apa pun nominalnya, bahkan termasuk membayar parkir juga perlu kamu catat.

Dari sini, kamu dapat mengevaluasi ke mana saja perolehan uang yang dibelanjakan. Sehingga kamu pun dapat lebih bijak lagi dalam memilah mana yang memang menjadi kebutuhan dasar dan pengeluaran rutin, maupun mana yang harus menjadi kebutuhan sekunder hingga tersier.

Buat Perencanaan Anggaran

Nah, setelah tahu apa saja yang menjadi pengeluaran kamu, buatlah skala prioritasnya. Ingat, selagi mampu, tak ada salahnya kok untuk memanjakan diri dengan mengalokasikan sejumlah dana untuk kebutuhan hiburan.

Perencanaan anggaran ini dapat kamu buat secara mingguan atau bulanan. Pastikan juga bahwa budget yang direncanakan tidak melebihi pemasukan yang kamu peroleh. 

Rencanakan untuk Menabung

Setelah tahu berapa jumlah pengeluaran yang harus dipenuhi dan pemasukan yang dimiliki. Langkah selanjutnya tentu saja merencanakan sebagian sisa dana yang dimiliki untuk ditabung.

Baca Ini Juga Yuk: 5 Tips Finansial yang Bisa Kamu Terapkan dalam Kehidupan

Bahkan bila memungkinkan, kamu juga bisa loh sedari awal mematok berapa persen dana yang akan disisihkan untuk tabungan. Hanya saja, jangan sampai karena ngebet ingin menabung kamu jadi sengaja mengorbankan kebutuhan dasar.

Ciptakan Target

Bagi beberapa orang, setiap aktivitas harus memiliki tujuan yang jelas. Kalau kamu termasuk golongan yang satu ini, artinya akan lebih baik bila kamu memiliki target tertentu mengapa kamu harus menabung.

Tujuan ini bisa saja berbeda bagi setiap orang. Contohnya kamu bisa menargetkan tabungan untuk kelak membiayai pernikahanmu, anggaran untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, membeli tempat tinggal, membeli kendaraan, atau hal-hal lainnya. Lebih baik lagi sih  bila kamu menargetkan tabungan untuk jangka panjang.

Pilihlah Instrumen yang Tepatt

Melihat tren inflasi yang meningkat, ada baiknya kamu tidak hanya menabung secara konvensional. Bila ingin menjaga nilai uang dan mendapat keuntungan di masa mendatang, kamiu juga bisa menginvestasikan danamu.

Toh sekarang ada banyak jenis investasi yang bisa kamu pilih, baik untuk jangka pendek, menengah, maupun panjang. Walau begitu, jangan tergiur dengan bunga yang tinggi. Pilih instrumen yang sesuai dengan tujuan dan yang memiliki profil risiko yang dapat kamu terima nantinya.

Perhatikan Pertumbuhan Tabungan

Tinjau juga secara berkala budget dan kemajuan tabunganmu setiap bulannya. Banyak yang tak menyadari, kegiatan ini akan mempermudah kita untuk mengidentifikasi dan mengatasi permasalahan yang mungkin muncul dengan lebih cepat, sehingga tidak membuat tabungan jadi kacau berlama-lama.

Selain itu, pemantauan semacam ini juga dapat memicumu untuk lebih disiplin. 

Nah, itulah beberapa tips menabung yang bisa kamu lakukan. Bagaimana sudah berani untuk konsisten menabung demi masa depan? 


Foto: pexels

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler