Compact House, Konsep Hunian untuk Lahan Sempit

Jakarta - Lahan hunian yang semakin sempit dan harga tanah yang semakin mahal di Indonesia, khususnya kota-kota besar, membuat masyarakat merasa kesulitan untuk membagun rumah. Lahan yang sempit tersebut, tidak memungkinkan kita untuk membangun rumah dengan ukuran besar. Namun, saat ini terdapat solusi agat tetap bisa membangun rumah di lahan yang tidak terlalu besar.

Compact house, merupakan jenis rumah yang bisa dibangun di tanah yang tidak luas. Lalu, apa sih compact house itu? Compact house adalah bangunan rumah terpadu yang meminimalisasi ruang dengan skala prioritas. Ruang mana yang sangat dibutuhkan dan yang tidak terlalu dibutuhkan.

Sebuah compact house biasanya akan dibangun sesuai dengan kebutuhan pemiliknya. Selain itu, warna-warna yang dipilih adalah warna monokrom seperti abu-abu, hitam, dan putih, agar tercipta nuansa yang bersih dan luas.

Baca Ini Juga Yuk: Hotel Instragamable di Bandung yang Suasananya Kayak di Rumah

Selain pemilihan warna cat bangunan, untuk membuat rumah memiliki kesan luas, maka penggunaan sekat harus dihindari. Dengan membangun rumah dengan desain compact, penghuni juga dituntut untuk bisa hidup dengan gaya minimalis.

Ruangan yang tidak terlalu lua, membuat kita harus memilah barang-barang apa saja yang dapat disimpan dan mana yang tidak. Furniture yang ada di dalam rumah, juga bisa dibuat multifungsi, sehingga tidak perlu memiliki perabotan rumah yang terlalu banyak.

Rumah compact ini juga biasanya menggunakan plafon ganda atau void. Tujuan dari digunakannya void tersebut agar sirkulasi udara bisa berjalan dengan baik, serta sinar matahari dapat masuk ke dalam rumah. Penggunaan plafon ganda bisa mengurangi pemakaian elektronik yang berlebihan.

Compact house juga bisa disebut sebagai rumah tumbuh. Walaupun kebanyakan rumah dengan desain ini digunakan oleh para pasangan yang baru menikah. Namun saat nanti mereka mempunyai anak, dapat pula dengan mudah membuat ruangan baru untuk buah hati. Penggunaan konsep lantai mezzanine, juga dapat digunakan apabila penghuni ingin memiliki ruang lain, tanpa harus menambah luas bangunan.

Ilustrasi: Unsplash




Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler