6 Strategi Mengelola Stres Jadi Hal yang Baik

Bandung - Dalam batas wajar, sebenarnya stres dapat menjadi stimulus menghadapi masalah. Dengan stres, kita dapat belajar dan tumbuh menjadi pribadi yang lebih kuat. Tapi, enggak semua orang mampu mengatasi stres. 

Kondisi setiap orang yang berbeda menjadi alasan apa mereka dapat melewati stres dengan mudah atau bahkan sulit. Berikut adalah beberapa strategi yang bisa kamu lakukan untuk mengelola stres jadi hal yang baik. Coba yuk!

Mencintai Diri Sendiri
TemanBaik harus berpikir kalau kamu adalah individu yang pantas untuk bahagia dan dicintai. Untuk memulainya, cobalah dengan mencintai diri sendiri. Melakukan pekerjaan dan hal-hal dengan sepenuh hati dan terbaik sebisamu adalah cara kamu menghargai dan mencintai diri, serta menjadi salah satu cara kamu mempertahankan citra diri yang positif. 

Fokus pada Hal Baik
Saat stres mungkin yang dipikirkan adalah hal-hal buruk dan tidak adanya manfaat dan harapan dari apa yang telah terjadi. Saatnya ubah pikiran ini dan fokus pada hal-hal baik dan manfaat yang dapat diperoleh saat berhasil menghadapi masalah. Kamu harus ingat kalau pengalaman dapat menjadi pelajaran berharga apapun hasilnya.

Mengontrol Diri
Berusaha untuk mengontrol diri adalah hal yang perlu kamu lakukan saat stres datang. Karena jika tidak, waktu dan energi  kamu akan terkuras, dengan mengelola diri, kamu dapat menangani stres secara lebih efektif. 

Olahraga
Kesehatan tubuh dan mental dipengaruhi oleh kemampuan tubuh menyuplai oksigen dan makanan ke dalam sel-sel secara teratur. Untuk itu, olahraga secara rutin  dapat menjaga kondisi kesehatan jantung dan paru-paru. Luangkan waktu setidaknya 15-30 menit dalam sehari untuk berolahraga ya! Kamu bisa melakukannya 2-3 kali setiap minggu.

Hindari Penyakit
Stres rentan terkena penyakit, seperti insomnia, sakit kepala, nyeri lambung, demam dan flu. Untuk mengatasinya makan makanan yang sehat dan bergizi, minum multivitamin dan tidur yang cukup. Jangan ragu untuk konsultasikan pada dokter ahli jika kamu tetap mengalaminya meski telah berusaha mengantisipasinya. 

Nikmati Hidup
Kurangi stres dengan cara relaksasi dan menikmati hidup. Lakukan hal-hal yang kamu sukai, seperti membaca, menonton atau memasak. Kamu juga bisa melakukan hal-hal yang dapat membuat tubuh rileks, seperti berendam di air hangat atau makan makanan yang disukai. 

Foto: Pexels 

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler