4 Tips Simpel dari Dokter Supaya Kulit Selalu Sehat

Bandung - Semakin bertambahnya usia, kulit kita pasti akan mengalami perubahan. Mulai dari tingkat kekencangan, tingkat elastisitas, dan lain-lain. Jadi, menjaga kesehatan kulit sedari dini itu penting loh buat hidup kita ke depannya.

Hedwika Advina Nastiti, salah seorang dokter yang praktek di Klinik Melania Bandung membagikan tipsnya buat kita yang ingin menjaga agar kulit tetap bersih dan sehat. Apa saja sih tahapannya? Simak tipsnya yuk!

Selalu Mencuci Muka
Dokter Hedwika menuturkan jika kulit wajah lebih gampang terkena paparan sinar matahari. Jadi, apabila kamu banyak melakukan aktivitas di luar rumah. Selalu ingat untuk membersihkannya ya, TemanBaik.

"Membersihkan wajah itu enggak cukup pakai micellar water saja, setelah itu juga tetap harus dilanjutkan dengan sabun dan jenis pembersih lainnya, agar semua sisa kotoran yang menempel bisa terangkat," ujarnya.

Pakai Moisturizer
Tidak sedikit orang yang kerap menomorduakan pemakaian moisturizer. Padahal hal ini sangat penting loh untuk diaplikasikan ke kulit wajah. Buat kamu yang banyak berativitas di ruangan ber-AC, kamu bisa memakai moisturizer berbentuk krim, agar bisa lebih tahan lama di kulit wajah.

Nah, kalau kamu banyak beraktivitas di luar ruangan, kamu bisa menggunakan moisturizer yang bentuknya lotion.

"Baiknya sih kamu memakai moisturizer setelah mandi, tepatnya 5 menit setelah mandi, karena pori pori masih terbuka jadi bisa langsung meresap ke kulit. Untuk muka bisa pilih yang memiliki kandungan non comedogenic yang tidak menyumbat pori pori. Agar tidak jerawatan," jelas Dokter Hedwika.

Gunakan Sunblock
Sinar UV sangat berpengaruh terhadap penuaan dini. Karena itu penting memakai sunblock agar dapat menghambat respon kulit normal terhadap radiasi sinar matahari. Sebagai yang hidup di iklim tropis, TemanBaik bisa menggunakan sunblock yang memiliki kandungan SPF 30. Bagusnya sih dipakai 15 menit sebelum terkena sinar matahari, dan baiknya diulang setiap 2 jam sekali bila memungkinkan.

Perhatikan Asupan Gizi
Setelah poin-poin di atas, TemanBaik juga tidak boleh lupa untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi dan bisa memberikan efek yang baik bagi tubuh, apalagi kulit wajah. Contohnya sayuran berwarna hijau, buah-buahan, konsumsi suplemen dan vitamin, khususnya vitamin C. Tetap usahakan juga untuk mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas sehari.



Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler