7 Cara Efektif dan Sederhana Mengendalikan Rasa Marah

Bandung - Emosi dan rasa marah memang tidak selalu dapat kamu hindari, apalagi saat kamu harus menghadapi situasi yang sulit dan tidak menyenangkan. Tapi emosi dan rasa marah bisa kamu kelola dan kendalikan kok.

Dengan mengendalikan emosi kamu dapat menghindari dampak negatif tak hanya bagi diri sendiri tapi juga orang-orang dan lingkungan di sekeliling. Berikut beberapa cara sederhana namun cukup efektif yang bisa kamu lakukan untuk mengendalikan rasa marah. 

Tenangkan Diri
Saat marah, langkah awal yang perlu kamu lakukan adalah berpikiran tenang. Memang hal ini tidak mudah, namun jika kamu berhasil melewatinya, kamu bisa mendapatkan banyak manfaatnya. Dengan tenang, kamu bisa berpikir logis dan mencari solusi. 

Caranya, tarik napas dalam-dalam dan bayangkan pemandangan yang indah. Lakukan berulang seampai kamu dapat menurunkan emosi. Kamu juga bisa mengalihkan perhatian pada hal-hal lain seperti mendengarkan musik atau pergi dahulu ke toilet. 

Kelola Rasa Marah
Setelah merasa cukup tenang, saatnya mengelola marah agar terhindar dari dampak negatif dan perbuatan agresif. Caranya dengan mengatur volume suara dan pernapasan. Bicara dengan suara yang sedang, atau bahkan berbisik jika diperlukan. Hindari membentak dan berteriak. Berikan waktu untuk merefleksikan keadaan, apa situasi layak atau tidak untuk mengespresikan kemarahan.

Hindari Keramaian
Sudah berusaha menenangkan dan mengelola emosi namun masih merasa belum tenang? Kamu bisa meninggalkan dahulu keramaian atau orang yang membuatmu merasa marah. Pergi ke tempat lain, minum air putih, dan jalan-jalan di sekitar dapat membantu menetralkan perasaan. 

Ceritakan pada Teman

Bercerita pada seseorang yang kamu percaya, seperti orangtua, pasangan dan sahabat dapat menjadi cara untuk menyalurkan emosi. Cari orang yang bijak dan dapat menjadi pendengar yang baik. Memang tidak semua orang mampu menceritakan masalah dan rasa marahnya pada orang, jadi tidak perlu dipaksakan. Kamu bisa menuliskannya di blog atau buku catatanmu agar emosi tersebut tersalurkan. 

Lakukan Hal yang Disukai
Ada banyak cara untuk membuat rasa marah tidak berkelanjutan, seperti melakukan relaksasi yang dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih tenang. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan mandi air hangat, berolahraga, jalan-jalan, membaca buku dan mendengarkan musik. Kamu juga bisa menyalurkan hobi untuk mengalihkan rasa marah seperti memasak atau berkebun.

Kenali Solusi
Emosi biasanya membuat kita tidak fokus. Nah daripada memikirkan apa yang membuat Anda marah. Lebih baik pikirkan solusi yang bisa dilakukan. Ingatkan diri kalau marah enggak bisa memperbaiki masalah, justru malah akan membuatnya menjadi lebih buruk.

Maaf dan Lupakan 
Cara terbaik untuk kesehatan tubuh dan juga akan berdampak baik pada sekeliling adalah dengan melupakan hal yang membuat kamu marah dan memaafkan. Maafkan mereka yang telah memberi masalah, menyakiti, membohongi, merendahkan atau lainnya lalu lupakan. Memaafkan akan membuat kamu lebih tenang, lega dan bahagia.

Foto: Unsplash

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler