Kurangi Sampah Plastik dengan 5 Cara Mudah Ini Yuk!

Bandung - Enggak mudah memang meninggalkan penggunaan plastik dalam kehidupan. Plastik memiliki sifat yang tahan air, tahan lama dan praktis sehingga dianggap tepat sebagai kemasan atau pelindung. Namun kita tidak bisa bergantung dengan plastik. TemanBaik bisa kok melakukan hal-hal sederhana untuk mengurangi penggunaan plastik dengan melakukan beberapa hal berikut. Coba yuk!

Bawa Tas Belanja
Tindakan mudah yang bisa kamu lakukan adalah dengan membawa totebag atau ecobag ke mana pun kamu pergi. Kamu bisa melipatnya dan menyimpannya selalu di dalam tas. Dengan membawa tas belanja sendiri, kamu tidak perlu meminta plastik saat harus ke pasar atau swalayan. Sehingga mengurangi jumlah penggunaan plastik.

Bawa Botol Minum
Biasakan diri untuk selalu membawa botol minum sendiri ya. Selain mencegah timbunan botol plastik minuman, hal ini juga membuat kamu hemat pengeluaran untuk membeli air minum dalam kemasan.


Bawa Kotak Makan
Mau beli makan di restoran cepat saji atau warteg? Biasakan untuk membawa kotak makan sendiri ya TemanBaik. Membungkus makanan dari warteg atau restoran memerlukan banyak penggunaan plastik. Dengan membawa kotak makan atau rantang kamu membantu mengurangi jumlah sampah plastik, dengan wadah, makanan pun lebih rapi dan praktis.

Pilih Produk Kemasan Kaca atau Karton
Hindari membeli produk yang kemasannya plastik ya TemanBaik. Kamu bisa memilih produk dengan kemasan kaca atau karton. Selain ramah lingkungan, kemasan kaca tersebut bisa digunakan kembali untuk wadah lainnya. Sedangkan untuk kemasan karton, bahannya lebih ramah lingkungan karena mudah larut dan terutai dibandingkan dengan plastik.

Hindari Sedotan Plastik
Saat ke kedai kopi, restoran atau kafe kamu bisa meminta untuk tidak diberikan sedotan karena berbahan plastik. Bahkan di beberapa tempat, kamu juga bisa memberikan botol minum untuk sebagai wadah minuman kamu. Dengan begini, kamu bisa mengurangi penggunaan plastik.

Foto: Pexel

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler