Bikin Cushion di Rumah? Contek 6 Tahapan Penting Ini

Bandung - Buat pecinta kosmetik, cushion jadi barang penting yang wajib dimiliki. Lahir di Korea, cushion yang mirip bedak ini memang punya karakter unik loh. Teksturnya basah, natural dan sanggup menutupi kekurangan di wajah.

Selain kemasan yang menggemaskan, sekarang cushion juga mudah dijumpai di pasaran. Pilihannya mulai dari produk drugstore yang harganya terjangkau hingga label highend dengan banderol selangit. 

Nah buat TemanBaik yang pengin cushion dengan shade warna dan kandungan yang cocok dengan kulit sendiri, yuk kita coba meracik cushion versi kita sendiri. Ini loh tahapannya, contek ya!

1.  Siapkan Tempat Cushion
Case cushion atau tempat khusus cushion biasanya dijual di pasaran sudah sepaket loh. Case sudah termasuk air puff afau busa dan container. Sslain di mal atau toko kosmetik, peranti ini bisa dibeli juga secara online.

Kalau mau lebih hemat, TemanBaik juga bisa menggunakan tempat cushion bekas yang sudah dibersihkan ya. Jangan lupa juga untuk mencuci air puff lalu mengeringkannya. Kenapa harus bersih? Ya karena biar higienis dan enggak jadi sumber bakteri.

2. Siapkan Foundation
Nah ini penting loh, karena foundation atau alas bedak jadi item terpenting saat meracik cushion. Ingat, pilih foundation yang shade-nya sudah sesuai dengan warna kulit kamu. Jangam terlalu putih ya, minimal naik.satu tingkat di atas tone warna kulit.

Sama kayak bedak, jenis foundation juga harus cocok dengan jenis kulit ya. Tapi usahakan ya cari foundation yang teksturnya enggak terlalu berat dan enggak mudah terjadi oksidasi saat wajah berkeringat. Takutnya malah wajah kamu terlihat gelap.

3. Pilih Sunscreen Terbaik
Perlu TemanBaik perhatikan, setiap kita mau mekap, sunscreen atau pelindung tabir surya jadi hal yang enggak boleh terlewatkan. Kenapa penting? Ya karena kita tinggal di Indonesia yang beriklim tropis. 

Apalagi buat kamu yang sering beraktivitas di luar ruangan, sunscreen jadi kosmetik terbaik untuk terlindung dari teriknya sinar matahari.

4. Pilih Pelembab
Sama halnya kayak sunscreen, pelembab atau moisturizer juga item wajib saat membuat cushion. Pelembab jadi penting banget loh agar kulit enggak kering dan kusam, terlebih saat musim kemarau kayak sekarang.

5. Gunakan Primer Untuk Ketahanan
Terkadang kesal kan kalau bedak gampang luntur atau crack saat bersentuhan dengan keringat. Nah untuk mempertahankan sekaligus meratakan racikan cushion, baiknya sih gunakan primer atau pengikat mekap yang teksturnya liquid.

6. Racik Semua Komposisi dengan Rumus 2 - 2 - 1 - 1
Nah jangan asal meracik ya TemanBaik, komposisinya harus tepat nih. Misalnya untuk foundation gunakan 2 tetes, pelembab dua tetes, sunscreen dan primer satu tetes saja ya. 

Pastikan semua bahan tercampur dengan baik ya. Kalau pengin lebih mudah, gunakan cotton buds dengan cara diaduk - aduk sampai semua material menyatu. Kalau sudah tercampur, kamu bisa langsung menyimpannya di dalam case cushion lalu menutupnya dengan air puff atau busa. Simpel kan?


Foto ilustrasi Unsplash.com


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler