Dampak Positif dan Negatif Bawa Anak ke Bioskop Menurut Psikolog

Bandung - TemanBaik ingin mengajak anak ke bioskop? Mungkin di benak kamu akan terbayang bagaimana senangnya si anak menonton film anak-anak. Tapi, sebaiknya pikirkan dengan matang ya jika ingin mengajak mereka menonton di bioskop.

Ada dampak positif loh jika mengajak mereka ke sana. Mau tahu? Menurut psikolog anak Aisyah Almas Silmina, M.Psi., setidaknya ada tiga hal positif yang bisa didapat dari mengajak anak ke bioskop. Pertama, menonton menjadi pengalaman baru bagi anak.

"Kedua, menonton di bioskop meningkatkan quality time anak bersama ayah dan ibu," kata Aisyah kepada BeritaBaik.id, Selasa (9/7/2019).

Ketiga, usai menonton, anak dan orangtua memiliki sesi untuk membahas film. Misalnya, orangtua bisa menceritakan pelajaran apa saja yang didapat dari film yang ditonton.

Tapi, ada dampak negatifnya juga loh mengajak anak nonton ke bioskop, apalagi untuk anak usia di bawah 5 tahun. Di usia itu, perkembangan kognitif anak masih berada pada level konkrit atau belum abstrak.

Baca Ini Juga Yuk: 4 Hal yang Perlu Dipikirkan Sebelum Ajak Anak ke Bioskop

"Artinya, apa yang ditonton masih dianggap nyata. Misalnya, film yang menyeramkan dapat dianggap sebagai sesuatu yang nyata dan dapat menimbulkan kecemasan yang hadir dalam bentuk mimpi buruk, ketakutan, bahkan trauma," tutur Aisyah.

Anak di bawah 5 tahun juga sedang berada dalam tahap perkembangan imitasi. Pada tahap ini, anak cenderung merekam dan meniru perilaku yang dilihatnya loh.

"Pada usia itu anak juga belum bisa membedakan dengan baik mana perilaku yang dianggap benar atau salah. Sehingga, tontonan yang mengandung unsur kekerasan apabila ditonton tanpa bimbingan orangtua dikhawatirkan anak langsung meniru perilaku tersebut tanpa tahu konsekuensinya," jelasnya.

Dampak negatif berikutnya, suasana di bioskop bisa membuat anak merasa tidak nyaman. Apalagi jika sang anak belum terbiasa dengan suasana di bioskop yang gelap, suara kencang, hingga keramaian di satu ruangan.

"Perlu diperhatikan juga bahwa suara di bioskop sangat kencang, sedangkan bagi anak usia di bawah 5 tahun memiliki tingkat kepekaan terhadap suara yang berbeda. Sehingga suara keras tersebut dikhawatirkan dapat merusak pendengaran anak," ujar Aisyah.

TemanBaik, pikirkan dulu baik-baik ya sebelum mengajak anak ke bioskop!


Foto: dokumentasi Aisyah Almah Simina


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler