Apa Bedanya Sleeping Mask dan Night Cream? Ini Penjelasannya

Jakarta - Penggunaan skincare saat ini sedang menjadi tren. Tidak hanya di kalangan wanita, namun juga pria. Produk perawatan kulit yang cukup banyak jenisnya ini, terkadang bisa membuat bingung para penggunanya. Terutama, mereka yang merupakan pemula.

Misalnya saja, penggunaan sleeping mask dan night cream. Tidak jarang keduanya dianggap sebagai produk skincare yang sama, hanya berbeda penyebutan. Meskipun memiliki tekstur yang hampir serupa, sebenarnya sleeping mask dan night cream merupakan dua jenis skincare yang berbeda loh.

Mendengar namanya, pasti sudah tahu dong bahwa sleeping mask merupakan sebuah masker. Masker wajah ini biasa digunakan sebagai langkah dan produk skincare terakhir di malam hari. 

Produk sleeping mask yang memiliki tekstur gel atau krim, dirancang bisa menembus kulit saat tidur di malam hari. Skincare ini mengandung bahan-bahan aktif konsentrat tinggi, sehingga bisa memberikan efek perlindungan dan memperbaiki kondisi kulit wajah. 

Dilansir dari Healthline, dr. Dandy Engelman, ahli dermatologis di New York City mengatakan, "Masker wajah untuk tidur memang dirancang agar bisa menempel lebih lama di wajah, lebih kuat, dan memberikan hasil yang kuat juga selama semalaman."

Skincare yang biasa disebut juga dengan overnight mask ini, dapat membantu proses regenerasi kulit, melembapkan kulit, mencerahkan, membuat kenyal, serta lapisan maskernya dapat mencegah debu menempel pada pori-pori.


Sedangkan night cream memiliki kandungan yang lebih rendah dibanding sleeping mask. Teksturnya yang berupa krim dan terdapat nutrisi antioksidan di dalamnya, diklaim dapat menenangkan kulit iritasi, mencegah dehidrasi, memperbaiki sel kulit wajah, dan meredakan jerawat yang meradang. 

Krim malam dapat digunakan rutin setiap hari. Sleeping mask dapat digunakan setelah penggunaan serum, essence, dan pelembab. Karena kandungannya yang lebih berat, sleeping mask sebaiknya digunakan satu atau dua kali dalam seminggu. 

Setelah mengenakan sleeping mask atau night cream secara merata, langkah yang perlu dilakukan selanjutnya adalah melakukan pijatan pelan menggunakan jari-jari, agar produk ini dapat terserap dengan sempurna. Pijatannya bisa dilakukan selama 2-3 menit.

Kenapa penggunaan skincare pada malam hari itu penting? Karena, malam hari merupakan waktu yang tepat bagi kulit wajah untuk beristirahat, sehingga produk perawatan kulit yang dipakai akan mudah meresap dan bekerja dengan maksimal memperbaiki kondisi kulit.

Kedua jenis produk skincare ini, dapat dibawa tidur. Usahakan untuk mendapatkan waktu tidur 7-8 jam, serta tidur dalam posisi terlentang agar skincare dapat terserap sempurna dan tidak terkena bantal ataupun guling. Namun yang perlu diperhatikan, agar tidak lupa untuk membersihkan wajah pada pagi harinya. Agar kulit tidak berminyak dan bisa menggunakan perawatan kulit untuk pagi hari.


Foto: Pexels

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler