Mau Bawa Anak ke Bioskop? Pastikan Dulu 5 Hal Ini Ya!

Bandung - TemanBaik, jika kamu ingin membawa anak kecil nonton di bioskop, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Tujuannya agar anak dan kamu nyaman, begitu juga penonton lain. Apa saja yang harus diperhatikan?

1. Usia anak
Salah satu yang penting adalah usia anak. Idealnya, anak baru dibawa nonton ke bioskop pada usia 6-7 tahun. Sebab, di usia tersebut anak sudah memiliki kemampuan bahasa dan kognitif yang sudah cukup matang.

"Mereka sudah dapat diajak berdiskusi mengenai film, misalnya mengenai hal apa yang boleh dan tidak boleh ditiru di film, apa konsekuensi dari perilaku yang terdapat di film dan lain sebagainya," kata psikolog anak Aisyah Almas Silmina, M.Psi.

2. Kemampuan fokus dan diam
Untuk menonton di bioskop, pasti butuh waktu berjam-jam kan, TemanBaik? Jika dihitung rata-rata, minimal film bioskop memiliki durasi minimal 1,5 jam. Jika anak yang dibawa nonton ke bioskop berusia di bawah 5 tahun, siap-siap deh filmnya enggak ditonton sampai selesai. Kenapa begitu ya?

"Anak usia di bawah 5 tahun masih belum dapat fokus dan belum dapat bertahan lama untuk duduk diam di tempat duduknya. Mereka cenderung bosan, keluar bangku, aktif, dan berlarian. Hal itu tentu saja dapat mengganggu kenyamanan penonton lain," ungkap Aisyah.

Terbayang enggak bagaimana ribet dan malunya kamu jika anak tiba-tiba berlarian atau menangis di bioskop? Pikirkan baik-baik ya risikonya sebelum membawa anak ke bioskop.

3. Tantrum
Saat di bioskop, tidak menutup kemungkinan si anak tantrum dengan memperlihatkan perilaku menangis sambil berteriak dan berguling di lantai. Hal ini jelas akan mengganggu kenyamanan penonton lain. Apalagi jika sang anak sangat sulit ditenangkan saat tantrum.

Jadi, perhatikan apakah anakmu mudah tantrum atau tidak. Jika mudah tantrum dan kamu tetap membawanya ke bioskop, siap-siap ya dengan risikonya.

4. Memahami instruksi
Tahu kan jika di bioskop kamu enggak boleh berisik, termasuk anak-anak? Hal ini yang harus kamu pastikan. Saat di dalam bioskop, kamu harus memberikan instruksi agar anak enggak berisik, duduk tenang, dan jangan keluar dari kursi. Ini demi kenyamanan para penonton.

5. Rating film
Ini yang enggak kalah penting. Kamu harus memastikan film yang akan ditonton benar-benar layak untuk anak. Tapi, harus hati-hati juga ya, karena kadang film untuk anak-anak juga mengandung unsur kekerasan dan unsur negatif lainnya.

Di sini peran kamu sebagai orangtua diuji. Kamu harus bisa memberikan pemahaman kepada anak soal film yang ditonton. Dengan begitu, anak akan bisa mengambil hikmah dari film yang ditonton dan tidak meniru perbuatan negatif.

Nah, sudah tahu kan apa yang harus diperhatikan sebelum TemanBaik mengajak anak ke bioskop? Pertimbangkan dengan matang ya mau mengajak anak ke bioskop atau tidak.


Foto ilustrasi Unsplash
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler