Anak Minta Sesuatu, Jangan Langsung Dikasih Ya! Ini Alasannya

Bandung - Para orangtua pasti sangat sayang dengan anak-anaknya. Salah satu bentuk sayang itu biasanya memberikan apa yang diinginkan anak. Tapi, hati-hati ya, jangan asal menuruti keinginan anak!

Saat anak meminta sesuatu, sebaiknya biarkan anak berusaha atau melakukan sesuatu dulu. Sehingga, anak akan paham sejak kecil bahwa segala sesuatu itu membutuhkan proses.

"Jangan langsung ngasih segala sesuatu yang diminta anak," ujar Kepala Seksi Pemenuhan Hak Anak Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Bandung Iip Saripudin.

Dampaknya, saat segala keinginan anak langsung dipenuhi orangtua, anak akan cenderung menjadi manja. Bahkan, anak cenderung akan memaksa agar keinginannya dipenuhi.

Jika terbiasa segala keinginannya dipenuhi, hal negatif bisa terjadi saat keinginan itu tidak bisa diwujudkan. Misalnya, anak akan menangis hebat agar keinginannya dipenuhi. Hal itu bisa jadi adalah siasat anak agar orangtua mengalah dan memenuhi keinginannya.

Cara terbaik yang bisa dilakukan orangtua adalah mengajarkan pentingnya proses dalam segala sesuatu. Misalnya, saat anak minta dibelikan sepeda, ajarkan anak untuk menabung dari uang jajannya. Tidak perlu sampai uangnya cukup kok. Saat uangnya baru mencapai setengahnya dari harga sepeda misalnya, kamu bisa membelikannya.

"Tanya anaknya uangnya sudah terkumpul berapa, lalu (bilang) nih bapak tambahin biar bisa beli sepeda," tutur Iip.

Dengan begitu, anak akan terbiasa menjalani proses untuk mendapatkan sesuatu. Hal itu juga akan meringankan kamu sebagai orangtua. Sebab, anak akan berusaha agar keinginannya tidak dipenuhi secara instan oleh orangtuanya.

Selain mengajarkan pentingnya proses, batasi juga mewujudkan keinginan anak yang berdampak negatif. Misalnya saat anak meminta es krim atau permen. Berikan pemahaman bahwa jika terlalu sering memakannya itu akan berdampak buruk untuk kesehatan, misalnya sakit gigi.

Agar lebih efektif, kamu bisa mencontohkan anak lain yang sakit gigi karena terlalu sering makan es krim atau permen. Hal itu bisa membuat anak berpikir dua kali jika ingin memakan makanan tersebut.

Foto ilustrasi Unsplash.com
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler