Pertimbangkan 4 Hal Ini Saat Menyantap Daging Merah

Bandung - Saat Iduladha, TemanBaik pasti punya banyak stok daging di lemari es. Baiknya sih segera diolah ya, sebelum nutrisinya berkurang.

Jangan takut terserang kolesterol, karena daging merah seperti sapi, kambing, domba sebenarnya merupakan sumber protein yang bagus. Kuncinya, kamu harus mengonsumsinya dalam jumlah yang seimbang. 

Ahli nutrisi dari Youvit, Rachel Olsen mengatakan, kandungan protein dalam daging tidak perlu diragukan lagi. Gadis keturunan Indonesia-Denmark ini juga mengatakan kalau selama Iduladha sebenarnya ada cara nyaman untuk tetap bisa menyantap hidangan daging tanpa merasa was-was. Berikut beberapa tips dari Rachel:

1. Olah Daging dengan Cara Direbus atau Dikukus

Usahakan untuk memasak dengan cara direbus atau dikukus. Kalaupun ingin menggoreng atau menumis, maksimal gunakan hanya 5 sendok minyak goreng. 

"Makanan yang digoreng akan meningkatkan kandungan kolesterol dan lemak trans pada daging. Baiknya sih penggunaan santan pada hidangan daging sebaiknya dihindari," kata Rachel.

2. Terapkan Porsi Makan Minim Karbohidrat

Nah, rahasia biar tetap sehat makan daging, coba deh aplikasikan program “isi piringku”. Sesuai rekomendasi Kementerian Kesehatan RI, saat kita makan sebaiknya menerapkan porsi dalam satu piring berupa seperempat bagian untuk karbohidrat, seperempat bagian untuk protein, lalu setengahnya untuk sayuran dan buah-buahan. 

"Sayur-sayuran dan kacang-kacangan bagus untuk menjadi sumber serat pada tubuh kita. Serat ini yang nantinya membantu untuk mengikat kolesterol. Jadi, selalu imbangi hidangan daging dengan mengonsumsi lebih banyak sayuran," jelasnya.


3. Penuhi Asupan Multivitamin

Kalau pengin aman, baiknya sih imbangi juga dengan mengonsumsi multivitamin secara rutin. Beberapa vitamin dan mineral membantu tubuh untuk mencerna daging menjadi sumber energi yang bagus untuk aktivitas sehari-hari. Misalnya vitamin B kompleks dan iodium.

Menurut Rachel, kalau  pengin opsi simpel dan mudah untuk memenuhi kebutuhan ini bisa memilih vitamin yang diracik jadi gummy atau permen.

4. Stop Makan Maksimal Jam 7 Malam

Ingat ya TemanBaik, hindari untuk makan daging setelah jam 7 malam. Karena saat dini hari, sistem pencernaan kita secara alamiah akan mengistirahatkan diri. Sehingga jika kita makan terlalu malam, daging akan disimpan sebagai lemak, dibandingkan dikonversikan sebagai energi untuk beraktivitas. 

Idealnya makan malam dilakukan 3 jam sebelum tidur. Fungsinya agar kita memberikan kesempatan bagi lambung dan usus untuk mencerna dan memetabolisme makanan dengan lebih baik sebelum waktu tidur.

Foto: Dok. Youvit
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler