Bijak Miliki dan Pakai Baju dengan Konsep Sustainable Yuk!

TemanBaik ada yang suka menumpuk baju tapi yang dipakai itu-itu saja? Pernah terpikir enggak untuk menerapkan konsep sustainable fashion? BeritaBaik berkesempatan untuk berbincang dengan pelaku gaya hidup zero waste, Siska Nirmala untuk membahas seperti apa sih konsep sustainable fashion itu?

Secara umum, sustainable fashion adalah konsep yang mengedepankan kualitas dan tentunya produksi yang ramah lingkungan. Kalau menurut Siska sendiri sustainable fashion adalah bagaimana kita berpakaian dengan bijak dan tidak mengikuti tren.

"Kalau buat aku, sustainable fashion itu cara kita bagaimana berpakaian bukan hanya ikuti tren. Tapi bagaimana kita menggunakan pakaian secara bijak," jelas Siska Nirmala kepada BeritaBaik, Rabu (14/08/2019).


Siska juga menambahkan, kalau pakaian yang paling sustainable adalah pakaian yang kita punya dan kita mampu gunakan dengan bijak. Jangan sampai menumpuk di lemari tapi jarang dipakai. "Bijak adalah dengan memiliki jumlah baju yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan kita. Pakaian-pakaian tersebut adalah pakaian yang benar-benar kita gunakan, jadi enggak sekadar menumpuk dan jarang terpakai," ungkap inisiator gerakan zero waste adventure ini.

Lebih lanjut Siska mengatakan, bijak juga bisa diartikan tidak terus mengikuti tren dan kehilangan identitas diri. "Pakaian itu bukan ikut-ikutan tren, tapi bagaimana kita menjadikan pakaian itu sebagai identitas. Contohnya, orang-orang di desa, memakai pakaian yang menjadi adat mereka, misalnya seperti Warga Baduy dan baju adatnya. Itu menjadi identitas dia," papar Siska.

Lewat menerapkan konsep sustainable juga diharapkan bisa menjadi cara untuk bisa menampilkan identitas diri. "Kalau orang kota sekarang kan pakai baju ikuti tren. Padahal harusnya pakaian itu menjadi identitas orang yang memakainya," tutur Siska.



Foto: Instagram.com/zerowasteadventure

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler