Cara Simpel Kurangi Tumpukan Baju di Lemari dengan Decluttering

Bandung - TemanBaik pernah dengar istilah decluttering enggak? Decluttering adalah mengeliminasi atau mengurangi pakaian yang menumpuk di rumah dan sebenarnya tidak dipakai. 

Siska Nirmala, seorang pelaku gaya hidup zero waste mengatakan kepada BeritaBaik kalau decluttering merupakan salah satu healing baginya. "Decluttering juga memberikan kita ruang, rumah jadi lebih lapang. Serta menjadi healing buat aku," ujar Siska.

Pada awalnya inisiator gerakan zero waste adventure ini merasa gelisah dengan sampah. Dari kegelisahan tersebut, ia mulai mengurangi barang-barang di rumahnya. 

"Awalnya aku merasa gelisah sama sampah, dengan decluttering (mengurangi, menyumbangkan atau memberikan) barang dan pakaian di rumah, membuat aku secara mental jadi lebih baik. Jadi ini seperti healing bagi aku. Lalu aku mulai decluttering ini. Pelan-pelan barangnya aku kasih dan sumbangin," tambah perempuan asal Kota Bandung ini.


Baca Ini Juga Yuk: Rapi dan Bahagia Bereskan Rumah dengan Metode Konmari, Mau Coba?

Menurut Siska, setiap orang punya metode decluttering yang berbeda-beda. Nah buat TemanBaik yang mau coba, Siska memberikan tips metode decluttering nih buat kamu. Simak ya!

"Pertama, pertahankan atau pastikan barang disimpan adalah baju yang benar-benar dipakai. Kedua, barang yang dikeluarkan, diberikan pada orang tepat atau memang ingin, yang pasti membutuhkan dan memang akan digunakan," jelas penulis buku Zero Waste Adventure ini. 

Siska juga memberi tips agar tidak memberi pakaian pada korban bencana karena khawatir malah menumpuk dan enggak terpakai. "Kalau mau bantu untuk korban bencana, lebih baik kasih uang, karena belum tentu baju yang disumbangkan tepat dan terpakai," ujarnya.

Saran Siska, TemanBaik bisa menyumbangkan pakaian pada komunitas atau kegiatan jual beli pakaian bekas. " Kamu bisa menyumbangkannya melalui berbagai cara, seperti kepada teman yang memang ingin, serta pada yayasan dan komunitas. Biasanya suka ada komunitas yang bikin acara jual baju dan uang yang terkumpul bisa buat pendidikan," kata Siska.

Foto: Instagram.com/zerowasteadventure


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler