Ini yang Bisa Dilakukan untuk Memperpanjang Usia Pakaian Kamu

Bandung - TemanBaik pasti sudah tahu hierarki dong? Biasanya istilah ini digunakan dalam struktur organisasi kepemimpinan. Tapi enggak cuma perusahaan yang pakai hierarki, pakaian juga ada loh hierarkinya. Menurut Siska Nirmala, pelaku gaya hidup zero waste, pakaian itu memiliki tiga tingkatan atau hierarki, yakni meminjam, menukar atau membeli pakaian bekas.

"Hierarki pakaian itu sebelum kita membeli barang pastikan kita memang benar-benar membutuhkannya. Namun sebelum membeli pertimbangkan dahulu apakah masih bisa pinjam, tukeran atau membeli baju second hand," jelasnya Siska kepada BeritaBaik.

Meski begitu, jika ketiga tingkat atau susunan tersebut tidak dapat memenuhi kebutuhan. Kamu juga bisa kok membeli barang atau pakaian baru. "Pilihan terakhir jika beberapa hal tersebut enggak bisa memenuhi adalah dengan beli baru," ungkap perempuan yang sudah tidak membeli barang dan pakaian baru sejak tahun 2015 ini.

"Karena saat ini aku bertekad enggak beli apapun, jadi aku kalau butuh sesuatu pinjam. Kayak misalnya waktu mau kondangan, aku butuh sepatu warna putih, jadi waktu itu aku pinjam teman," kenang Siska.

Baca Ini Juga Yuk: Cara Simpel Kurangi Tumpukan Baju di Lemari dengan Decluttering

Dengan menerapkan hierarki pada pakaian, maka pakaian jadi memiliki usia yang lebih panjang dan bermanfaat. Beberapa caranya seperti yang Siska telah jelaskan, kamu bisa bikin pakaian punya usia lebih panjang dengan meminjam, menukar atau membeli pakaian bekas. Dengan begini, kamu juga turut membantu mengurangi produksi limbah pakaian loh.

TemanBaik mau mencoba? Siska memberikan pesannya nih buat kamu yang masih bingung harus memulainya dari mana. "Bisa mulai dengan menatap isi lemari, dengan menatap isi lemari kita tersadar betapa banyaknya baju yang kita miliki".

Sudah melihat apa isi lemari, saatnya kamu memisahkannya sesuai kategori, mana yang sering dipakai dan tidak pernah dipakai. "Setelah itu pisah dan kategorikan mana yang sering digunakan, jarang atau bahkan enggak pernah digunakan. Kemudian baru mulai distribusikan (sumbangkan, beri ke teman dll)," pesannya.

Ada satu hal yang kerap diabaikan dan enggak kalah penting nih. "Dan yang paling penting mulai lakukan dari sekarang," tutupnya. Yuk, kita mulai lihat isi lemari, memisahkannya dan jangan ragu untuk lakukan dari sekarang ya TemanBaik!


Foto: Instagram.com/zerowasteadventure


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler